Uncategorized

7 Tips Efektif Agar Tidak Mengantuk Saat Sahur

Sahur merupakan salah satu persiapan kita untuk melakukan ibadah puasa. Dengan sahur tubuh kita akan lebih siap untuk berpuasa. Akan tetapi, sudah bukan rahasia lagi jika pada awal bulan puasa kita sering kesulitan bangun dini hari untuk makan sahur, terutama bagi yang jarang berpuasa. 

Nah, untuk mengatasi rasa kantuk saat sahur Tim palingbaru.com memberikan tips agar bisa sahur maksimal !

1. Mencuci Wajah

sumber: improvement

Semua orang pasti sudah paham fungsi mencuci wajah saat sedang mengantuk. Ya, mencuci muka setelah bangun tidur akan membuat kantuk menjadi berkurang. Namun kami punya tips cuci muka yang efektif untukmu, salah satunya adalah dengan menggunakan air mineral untuk membasuh wajah.

Dilansir dari New Health Guide, tidak hanya untuk metabolisme tubuh, air mineral sangat berguna untuk kesehatan kulit karena sel spons yang membentuk elastin dan serat kolagen dapat berfungsi mengurangi kerutan pada kulit.

Air mineral dapat digunakan sebagai perawatan kecantikan kulit dan tidak hanya dengan cara diminum teratur tetapi juga diaplikasikan dengan membasuh wajah secara teratur atau dicampur dengan rangkaian perawatan wajah.

2. Olahraga Ringan

sumber: kompas

Salah satu cara menghilangkan rasa ngantuk saat sahur adalah melakukan perenggangan. Meregangkan badan dapat membantu kerja aliran darah ke seluruh tubuh, terutama pada bagian-bagian penting dari kepala hingga kaki.

Seperti dikutip dari CNN Indonesia, berlari kecil atau sekadar melakukan peregangan akan sangat cepat membuatmu kembali terjaga. Faktanya melakukan olah raga ringan sebelum melakukan aktivitas lain akan membuat tubuh jadi lebih siap dan segar untuk menjalani kegiatan selanjutnya dibanding jika kamu mendahulukan kegiatan lain atau menjadikan olah raga sebagai kegiatan di sore hingga malam hari.

3. Minum Air Putih

sumber: nationalgeographic

Awali sahur dengan minum air putih. Seperti dilansir Vemale.com, masih banyak yang meragukan kekuatan air putih sebagai penghilang kantuk dalam sekejap. Air putih mampu menghidrasi tubuh sehingga ketika meminumnya, dalam beberapa saat rasa kantuk mulai menurun.

CNN Indonesia juga menuturkan minum segelas air saat perut masih kosong diakui punya manfaat kesehatan. Selain itu rasa segar yang menjalar dari kerongkongan ke perut akan membuatmu lebih mudah terjaga.

4. Konsumsi Makanan atau Minuman yang Sedikit Asam

sumber: oldeuropeanbreakfast

Contohnya seperti buah jeruk, lemon dan lain-lain. Selain mengandung Vitamin C yang penting untuk daya tahan tubuh, sensasi rasanya yang asam merupakan senjata ampuh untuk menghilangkan rasa ngantuk.

5. Makan Coklat Hitam

sumber: essentialprobiotics

Coklat hitam atau biasa disebut dark chocolate sangat efektif untuk menghilangkan rasa kantuk. Coklat mengandung endorfin yang cukup tinggi untuk membangkitkan euforia pada tubuhmu dan juga merangsang fungsi otak untuk tetap bekerja sehingga kantuk bisa ditahan.

6. Jangan Makan Terlalu Kenyang

sumber: parade

Tujuan sahur memang sebagai bekal untuk berpuasa. Maka dari itu tidak jarang ada yang berpikir makan banyak saat sahur dapat membuat tubuh lebih kuat berpuasa. Padahal makan terlalu banyak saat sahur sebenarnya tidak efektif. Jika kita makan kekenyangan, hal itu hanya akan membuat kita mengantuk.

7. Sedikit Makanan Pedas

sumber: foxnews

Makanan yang memiliki rasa pedas sangat efektif untuk menghilangkan kantuk. Akan tetapi tidak dianjurkan mengkonsumsi makanan pedas secara berlebihan saat sahur karena akan menimbulkan banyak masalah terhadap kesehatan, meskipun kamu suka dan tahan terhadap rasa pedas. Detik mengungkapkan, salah satu manfaat cabai dengan porsi yang ideal dapat meningkatkan sirkulasi peredaran darah dan menurunkan tekanan darah. Tingginya kadar vitamin A dan C dalam cabai juga bisa membantu menjaga daya tahan tubuh.

(ST/RF/FM)

Baca Juga:

Makanan Anti Ribet Untuk Sahur Selama Bulan Ramadhan

4 Aplikasi Resep Masakan Ini Siap Membantumu Menyiapkan Menu Buka Puasa dan Sahur

3 Menu Berbuka Puasa Ala KRAFT Cheddar yang Wajib Kamu Coba! Nikmat dan Mudah Dibuat!

Patbingsoo, Dessert Ala Korea yang Menyegarkan Untuk Berbuka Puasa

Baca Disini: Mengapa Kurma Baik Bagi Kesehatan dan 3 Resep Mengolahnya Untuk Berbuka Puasa

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close