Sepatu sneakers biasanya terbuat dari kulit atau dari kanvas dan bahan lain. Tapi, sneakers ini berbeda dari sepatu pada umumnya. Sneakers yang satu ini terbuat dari jamur pohon! Waduh ada-ada aja deh!

Benar kok, PiBi. Sneakers buatan desainer Nina Fabert dari perusahaan asal Jerman, Zvnder, ini memiliki tema Vegan Fungi Sneaker dan terbuat dari jamur pohon yang diolah hingga menyerupai kulit.

Untuk mendapatkan material menyerupai kulit dari jamur, tim desainer sneakers ini mencampurkan jamur pohon berkualitas tinggi dengan kain handuk ramah lingkungan, microfiber suede dari botol yang didaur ulang, serta sol gabus dan karet.

Sepatu berbahan dasar jamur ini dibuat secara handmade lho, PiBi. Manufakturnya pun dilakukan secara rumahan di Italia.

Nah, mungkin kamu bingung nih gimana sih struktur kulit dari bahan jamur pohon ini? Memangnya cocok digunakan untuk pembuatan sepatu?

Surprisingly, kulit dari jamur pohon ini lembut dan halus serta cocok untuk dibuat menjadi sepatu. Hasilnya juga akan membuat sepatu terlihat unik karena memiliki sentuhan vintage nih, PiBi. Material kulit dari jamur pohon ini digunakan pada semua bagian sepatu dan dikombinasikan dengan warna coating yang sesuai.

Jamur yang dipilih untuk membuat kulit sepatu ini adalah trama dari tinder sponge. Tinder sponge atau Fomes fomentarius adalah jamur parasit yang tumbuh pada pohon Birch dan Beech yang telah layu atau mati.

Jamur yang didapatkan dari pohon itu dikelupas dan diproses menggunakan tangan kosong. Tidak perlu khawatir, karena bahan jamur yang digunakan ini organic, bebas bahan kimia, serta merupakan antiseptic dan antibakteri. Keren, kan!

Proses riset dan produksi untuk membuat sepatu dari jamur pohon ini tidak sebentar lho. Dibutuhkan waktu sekitar 1 tahun pencarian jamur di alam dan 2 tahun pembuatan serta proses produksi hingga akhirnya didapatkan hasil sesuai keinginan.

Sepatu berbahan kulit dari jamur pohon ini tersedia dalam 2 varian warna sol, yaitu warna putih dan warna cokelat muda.

Jadi, kamu mau nggak mengganti sepatu kamu dengan sneakers dari jamur pohon ini?

Apa Tanggapanmu?
  • Fascinated
  • Happy
  • Bored
  • Angry
  • Sad
  • Afraid

Apa Komentarmu ?

komentar