Science

AI Kini Bisa Tidur Dan Bermimpi Layaknya Manusia

Palingbaru – Setiap harinya manusia membutuhkan tidur yang sangat berguna untuk kesehatan. Didalam sebuah penelitian mengatakan bahwa tidur serta bermimpi membantu menjaga kesehatan otak karena menata hubungan sinaosis yang tidak diperlukan. Sehingga otak tidak akan kelebihan memori yang tidak diperlukan.

Proses tersebut disebut dengan homeostasis sinapsis. Hal ini membuat pakar matematika di Italia menciptakan jaringan neural buatan yang memiliki nama Hopefield yang bisa tertidur. Dilansir dari Science Alert, kemampuan tersebut diberikan para peneliti kepada Hopefield karena Al tersebut memiliki kapasias penyimpanan yang terbatas.

ai yang bisa bermimpi (3)

Sama dengan proses homeostasis sinapsis pada manusia, ketika tidur Hopefield akan memilah memorinya dan melupakan yang tidak penting. Dalam laporannya para pakar menulis bahwa mereka terinspirasi dari mekanisme tidur dan bermimpi dalam otak mamalia, kemudian mengusulkan kelanjutan dari model ini untuk melakukan mekanisme belajar on-line standar (bangun) serta mekanisme konsolidasi dan melupakan off-line (tidur).

ai yang bisa bermimpi (2)

Dalam menguji Hopefield, para peneliti melakukan berbagai simulasi yang hasilnya sangat luar biasan dan telah di publikasikan dalam jurnal Neural Networks. Pakar Matematika Adriano Barra dari University of Salento mengatakan “ Kami percaya bahwa proses kognisi- walauoun pembelajaran metode pengambilan memori tetap memegang peran penting-dan juga tidur merupakan kewajiban bagi kecerdasan buatan sebagaimana kecerdasan biologis”.

 

by. Nana Riyana

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close