I Like ItTau Gak Sih?

Alasan Dibalik Bunga Menutup Kelopaknya Pada Malam Hari

PalingBaru- Pernah nggak sih kamu memperhatikan beberapa bunga di rumahmu ketika malam hari akan menutup kelopaknya seolah istirahat seperti halnya manusia.

Namun ternyata bunga-bunga tersebut tidak benar-benar tidur. Bunga yang menutup kuncupnya selama malam hari seperti tulip dan bunga sepatu sedang berkembang.

Bunga yang menutupkan kuncupnya seolah tertidur tersebut menunjukkan perilaku alami yang dikenal sebagai nyctinasty.

Para ilmuwan mengatakan cara kerja dibalik fenomena nyctinasty ini terjadi saat malam hari. Karena udara pada malam hari lebih dingin dan gelap yang membuat kelopak bunga paling bawah akan bergerak lebih cepat, sehingga bagian kelopak atasnya pun akan menutup.

Charles Darwin meyakini bahwa tanaman menutup pada malam hari bertujuan untuk mengurangi risiko pembekuan. Sedangkan ada teori lain yang mengatakan fenomena nyctinastic adalah cara tanaman yang berusaha untuk menghemat energi, seperti bau yang akan mereka lepas siang hari untuk menarik serangga penyerbuk.

Selain itu, dengan menutupkan kelopak, bunga mampu menjaga seruk sari dari embun agar tidsk basah, karena serangga penyerbuk lebih mudah mengolah serbuk sari yang kering.

Beberapa ilmuwan juga meyakini bahwa fenomena nyctinastic adalah bentuk tanaman melindungi diri dari predaktor nocturnal. Sehingga dengan mentup rapat, bunga-bunga yang mekar tidak akan terlihat lagi, sehinga para predator tidak akan melihatnya.

By Nana Riyana

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close