PiBi pernah gak membayangkan memakai produk fashion yang gak biasa? Seperti pakai baju dari kertas, atau celana dari plastik. Nah ini juga yang melatarbelakangi munculnya sepatu yang terbuat dari rumput laut atau kelp.

Yups, rumput laut yang biasa kamu makan bareng sushi kini bisa kamu temukan di alas kakimu, PiBi!

Tapi jangan dibayangkan sepatu ini berwarna hijau, tipis atau bau amis. Enggak sama sekali! Sepatu ini justru terlihat sangat stylish, gak kalah keren dibandingkan merk sepatu ternama.

Salah satu perusahaan start up asal New York, AS lah yang mencetuskan ide brilian ini. Perusahaan bernama AlgiKnit ini merupakan perusahaan biomaterial yang fokus menggunakan rumput laut sebagai bahan dasarnya. Tak hanya memproduksi, AlgiKnit juga melakukan penelitian terkait biomaterial.

Dari rumput laut tersebut AlgiKnit mengolahnya kedalam bentuk pintalan benang. Yang kemudian dapat diolah kedalam bentuk sepatu yang diberinama AlgiKicks. Dengan mengusung tag line “The Evolution Of Knitting” AlgiKnit tak hanya memproduksi sepatu namun juga pakaian.

Tapi tahu gak sih PiBi kenapa AlgiKicks dibuat dari bahan rumput laut? Ternyata alasannya sangat mulia. Perusahaan ini ingin membantu mengurangi dampak besar yang diakibatkan oleh industri tekstil belakangan ini.

Dengan menggunakan komponen tekstil barnama bioyarn inilah AlgiKnit mengembangkan bahan-bahan organik untuk kebutuhan fashion. Menariknya bioyarn yang berasal dari rumput laut ini justru digunakan sebagai alas sepatu dan tidak larut dalam air.

Diperkirakan bahan rumput laut ini akan memberikan perubahan cukup besar dalam dunia fashion. Karena rumput laut merupakan bahan baru yang sangat ramah lingkungan dengan masa produksi yang cukup singkat.

Coba saja bayangkan jika ingin memproduksi sepatu dari kulit binatang. Produsen perlu adanya peternakan untuk memproduksi kulit sepatu dan menunggu hingga usia hewan ternak bisa dikuliti. Belum lagi dampak dari peternakan yang bisa meningkatkan emisi gas rumah kaca yang tinggi.

Hal ini juga berlaku pada penggunaan kapas pada produksi tekstil. World Wildlife Fund (WWF) menyebutkan bahwa dibutuhkan 20.000 liter air untuk menghasilkan kapas yang cukup untuk satu t-shirt dan celana jins.

Dari pemikiran itulah akhirnya AlgiKicks dibuat. Sepatu AlgiKicks dirancang sedemikian rupa sehingga bisa dipecah oleh mikroorganisme, jadi dijamin deh keramahan lingkungannya.

Apa Tanggapanmu?
  • Fascinated
  • Happy
  • Bored
  • Angry
  • Sad
  • Afraid

Apa Komentarmu ?

komentar