Uncategorized

Aman Bersepeda Menggunakan Lingkaran Pelindung Laser Yuk!

bikesphere-by-michelin-1.jpg

Jika mobil dan motor memiliki lampu Led sebagai penanda, lantas bagaimana dengan sepeda? Mungkin ini salah satu alasannya rawannya pengendara sepeda tertabrak atau terserempet oleh pengendara kendaraan bermotor lainnya. Sebab sepeda tidak memiliki lampu indikator sehingga pengendara lain mungkin terlewatkan pandangannya, terlebih pada malam hari.

Dengan kejadian yang cukup membahayakan tersebut, teknologi Michelin’s “Bikesphere” berhasil menciptakan inovasi baru, yaitu lingkaran pelindung. Yang dimaksud lingkaran pelindung bukanlah lingkaran berupa besi, baja, atau sejenisnya, melainkan lampu indikator laser berwarna merah yang melingkar di sekitar pengendara sepeda. Jadi, semacam lampu rem hanya saja letaknya mengelilingi pengguna sepeda tersebut.

Alat ini terbukti dapat meningkatkan keamaan bagi pengguna sepeda, sebab sangat visible bahkan dari jarak jauh sekalipun. Dengan melihat lingkaran merah tersebut, pengendara lain akan lebih waspada dan memberi ruang jalan yang cukup kepada pengendara sepeda sehingga mengurangi risiko kecelakaan. Jadi, pengedara sepeda tidak perlu was-was lagi jika ingin menggunakan sepeda di malam hari. Kendati demikian, setiap pengendara harus tetap waspada dan menaati aturan yang berlaku agar lebih aman.

Selain itu, lampu “Bikesphere” ini juga dilengkapi dengan sensor keintensifitasnya. Artinya, sensor ini mampu merasakan jika ada kendaraan lain yang mendekat sehingga warna yang dikeluarkan oleh laser menjadi lebih terang dari sebelumnya. Hal tersebut digunakan sebagai penanda agar pengguna sepeda dan pengendara lain lebih dapat mengatur jarak dan kecepatan.

(MA)

Sumber : Google, Designboom

 

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close