Memasuki akhir pekan seperti ini otak sudah dipenuhi dengan rencana liburan saja. Apalagi buat kamu yang bekerja dengan suasana kantoran yang menjenuhkan. Pasti ingin segera menyegarkan pikiran agar hari senin esok bisa fresh lagi.

Tapi beda nih kalau kamu bekerja di Amazon.com, Inc. Sebuah perusahaan perdagangan elektronik multi nasional yang bertempat di Downtown Seattle, Washington, AS. Dijamin, bekerja di hari minggu pun rasanya tidak akan jenuh!

Hal ini karena kantor Amazon dibuat sangat nyaman dengan mengusung tema ‘hutan’ dengan nama “Cloud Forest”. Bukan hanya tema saja, namun Amazon benar-benar membawa hutan kedalam area kantor mereka. Ini dimaksudkan agar produktivitas ide karyawannya terus berkembang.

Pada kantor Amazon yang diberi nama ‘The Spheres’ ini terdapat tiga bola kaca raksasa yang didalamnya menampung 400 spesies tanaman dengan lebih dari 40.000 tanaman dari berbagai negara.

Dari ketiganya terdapat satu bola terbesar berukuran sekitar 90 kaki (27 meter) dan berdiameter 130 kaki (39 meter). Seluruh struktur tersebut ditutupi 2.643 panel kaca bening, dan membentuk permukaan yang tampak melengkung. Apalagi lokasi The Spheres yang terletak di tengah kota dan dibuka untuk umum selama 24 jam, sehingga dapat dilihat dari segala sudut.

Desain unik ini dipilih karena perusahaan ingin mendekatkan diri ke alam. Hal ini juga tengah berlangsung di beberapa Negara Eropa yang sedang gencar-gencarnya menyeimbangkan alam dengan dunia modern dengan membuat mini konservasi. Kalau kalian perhatikan, proyek ini pun serupa dengan Gardens by The Bay di Singapore.

Buat karyawan yang ingin bekerja di ‘hutan’ pun tidak perlu takut panas, karena seluruh bola kaca telah dilapisi oleh kaca film dengan anti sinar radiasi yang sangat baik. Jadi karyawan akan tetap merasa sejuk, namun tidak akan merusak ekosistem hutan tersebut. Suhunya pun sudah diatur pada kondisi yang pas sebesar 22 derajat di siang hari dan 12 derajat pada malam hari.

The Spheres digambarkan sebagai “hubungan langsung dengan alam” bagi karyawan, agar dapat memanfaatkan ruang pertemuan di Cloud forest tersebut. Furniturenya pun berbahan kayu, meliputi jembatan gantung, tangga, dan dinding yang tertutup organisme hidup.

“Studi menunjukkan bahwa ruang yang merangkul desain biophilic bisa menginspirasi kreativitas dan bahkan memperbaiki fungsi otak,” tulis Amazon dalam websitenya.

Apa Tanggapanmu?
  • Fascinated
  • Happy
  • Bored
  • Angry
  • Sad
  • Afraid

Apa Komentarmu ?

komentar