EventNews & Information

Ancaman Radiasi Tinggi Saat Gerhana Bulan Total? Itu HOAX!

Jadi PiBi berita atau broadcast mengenai ancaman radiasi meningkat saat gerhana bulan total itu HOAX.

d.jpg

Kalian pasti tau kan apa itu gerhana bulan total?. Gerhana bulan total itu adalah keadaan dimana sebagian atau keseluruhan penampang bulan tertutup oleh bayangan bumi PiBi. Hal itu bias terjadi apabila posisi bumi berada diantara matahari dan bulan bulan pada satu garis lurus yang sama, oleh karena itu sinar matahari tidak dapat mencapai bulan karena terhalang oleh bumi PiBi.

Indonesia menjadi salah satu Negara yang bias menyaksikan gerhana bulan total terpanjang yang sudah terjadi pada 28 Juli 2018 dini hari, dengan adanya gerhana bulan ini muncullah beberapa spekulasi dan berita yang mengungkapkan bahwa saat gehana bulan ancaman radiasi akan meningkat!

Berita ini langsung dinyatakan hoax oleh PLT Kepala Seismologi Teknik Geofisika Potensial dan Tanda Waktu, Bambang Setiyo Prayitno. Jadi untuk para PiBi jangan khawatir yaa dan tidak perlu risau lagi.

2_12.jpg

Ledakan intens radiasi berasal dari pelepasan energy magnetic yang berhubungan langsung dengan sunspot dan itu disebut sebagai Solar Flare. Dan PiBi menurut Bambang Solar Flare itu sendiri terjadi hingga dua sampai tiga hari, maka hal itu tidak mungkin bias terjadi secara tiba-tiba.

Deputi Bidang Geofisika BMKG, Muhammad Sadly menyatakan bahwa memang ada berita-berita tidak benar itu menjadi tantangan bagi BMKG. Sadly mengingatkan pada kita semua PiBi.. jika kita menerima informasi bukan langsung dari BMKG sebaiknya tidak perlu dipercaya!.

 

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close