Uncategorized

Anger Management: Jangan Melakukan Hal-hal Ini Kalau Kamu Sedang Marah

Marah itu adalah sebuah emosi yang wajar dimiliki oleh manusia. Ketika kita lelah atau terlalu banyak pikiran, biasanya kita lalu cepat marah saat ada yang mengganggu. Marah itu sehat kok, guys, selama kita tidak lepas kendali.

Saat kita lepas kendali, keadaan bukannya semakin membaik, tapi justru memburuk. Kemarahan yang tidak tersalurkan dengan baik juga akan berdampak buruk pada kesehatan jiwa kita yang lama-lama mempengaruhi kesehatan fisik juga. Selain itu, hubungan dengan teman atau keluarga pun bisa terganggu. Hmm.. Kamu tentu tidak mau hal-hal seperti ini terjadi, kan?

Untuk itulah anger management atau manajemen marah itu penting dipelajari dan diterapkan. Tujuannya bukan supaya kita tidak pernah marah lagi sebab ini adalah hal yang tidak realistis. Kamu boleh marah, tapi tetap kendalikan diri. Berikut ini adalah hal-hal yang tidak boleh kamu lakukan kalau kamu sedang marah.

1. Jangan Terlibat dalam Perdebatan

(sumber: Thought Catalog)

Berdebat dalam kondisi sedang marah itu seperti menuangkan bensin ke api yang sedang berkobar. Marahmu tidak akan mereda.

Kamu pun tidak akan bisa berpikir dengan baik ketika marah. Ucapan yang keluar dari mulutmu bisa saja menyakiti hati orang lain yang suatu saat akan kamu sesali.

2. Jangan Tidur dalam Kondisi Marah

(sumber: Oh My India)

Menurut Journal of Neuroscience, tidur meningkatkan kemampuan mengingat, terutama hal yang emosional. Kalau kamu marah lalu tidur, emosi negatif lah yang akan tersimpan dan kemudian akan meningkat.

Saat bangun, perasaanmu juga semakin tidak karuan. Sebaiknya kamu mencari waktu sendirian dulu sebelum tidur. Kamu bisa mendengarkan musik yang menenangkan agar marahmu mereda.

3. Jangan Menyetir

(sumber: Theory Test Mastery)

Ada yang bilang kalau sedang marah, salah satu obatnya adalah menyetir sendirian sambil mendengarkan musik. Tapi, ternyata menyetir dalam keadaan marah itu berbahaya. Tidak percaya?

David Narang, PhD. seorang psikolog dari Santa Monica, Amerika Serikat, menjelaskan kemarahan memberimu ‘tunnel vision’ yang artinya saat menyetir kamu akan cenderung melihat lurus ke depan dan mengabaikan sekelilingmu. Risiko kecelakaan pun akhirnya jadi lebih besar.

4. Jangan Makan

(sumber: The Dish)

Menurut Kathy Gruver, PhD. yang merupakan penulis buku “Conquer Your Stress with Mind/Body Techniques”, saat marah kamu cenderung memilih makanan yang tidak sehat. Peningkatan kondisi emosional juga memicu respon dari tubuh, lho.

Tubuhmu berpikir sedang dalam kondisi berbahaya sehingga sistem metabolisme tidak akan berfungsi optimal. Hasilnya adalah kamu akan terkena diare atau konstipasi. Selain itu, makanan tidak sehat bisa jadi malah meningkatkan tekanan darahmu.

5. Jangan Update Status di Media Sosial

(sumber: Inkhouse)

Sama seperti nomor 1, ketika kamu meng-update status di media sosial dalam kondisi sedang marah, kamu tidak bisa mengontrol diri. Bisa jadi kamu akan mengatakan hal-hal menyakitkan untuk orang lain. Mungkin juga kamu justru membuka permasalahan pribadi yang seharusnya tidak perlu diketahui oleh orang lain.

6. Jangan Minum Alkohol

(sumber: Mike Maculoso)

David Narang juga menyebutkan meminum alkohol saat marah itu berbahaya karena alkohol mampu menghilangkan kontrol impuls. Saat marah dan kehilangan kontrol, kamu bisa melakukan hal-hal yang akan kamu sesali nantinya.

Kalau kamu menghindari hal-hal di atas saat sedang marah, lalu kamu mengambil waktu sendirian untuk merenung sambil mendengarkan lagu-lagu yang menenangkan, maka kamu sudah selangkah lebih maju dalam manajemen marah. Hidupmu pun akan jadi lebih sehat.

(RF)

Baca Juga: 

Manfaat Terbaru dari Cabai. Dibalik Pedasnya, Menyimpan Sejuta Kebaikan Untuk Kesehatan!

4 Cemilan Sehat dan Asik Untuk Teman Nonton EURO!

Baca Disini: Mengapa Kurma Baik Bagi Kesehatan dan 3 Resep Mengolahnya Untuk Berbuka Puasa

Dukungan Keluarga dan Komunitas adalah Rahasia Hidup Panjang, Sehat, dan Bahagia Berdasarkan Hasil Studi Universitas Harvard

Sarapan Sehat Dan Praktis Ala Quaker Oats! Kenyang Dan Gak Bikin Gendut!

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close