I Like ItTau Gak Sih?

Apa Benar Musik Rock Bikin Emosi Meningkat?

Palingbaru – Musik rock selalu identik dengan nada yang agresif dan lirik yang mengandung kekerasan. Konser musik rock juga identik dengan insiden karena penontonnya yang bersifat liar dan memicu perkelahian yang tidak jelas asal-usulnya. Jadi, apakah benar musik rock bisa bikin emosi PiBi meningkat ketika sedang marah?

Musik biasanya ampuh untuk menghilangkan stress dan membuat pendengarnya lebih merasa tenang. Hal ini rupanya juga berlaku untuk musik rock.

Dilansir dari Organic Authority, University of Queensland School of Psychology telah melalukan pnelitian yang membuktikan bahwa musik rock seperti heavy metal, hardcore, scream, punk, atau musik apa yang tergolong sebagi musik “ekstrem”, ternyata bisa membuat pendengarnya terasa lebih nyaman.

Dalam penelitian tersebut, ada 39 orang sebagai partisipan yang yang menyukai musik rock dengan usia 18 hingga 24 tahun. Selama 16 menit, setiap partisipan akan dibawa dalam situasi yang akan membuat mereka emosi dan stress. Melalui sebuah wawancara seputar kehidupan, karir, hubungan, dan segala masalah kehidupan yang sedang dihadapi oleh partisipan.

pengaruh musik rock pada emosi

Setelah itu, partisipan dibagi menjadi dua kelompok. Sebagian orang dipersilakan duduk selama 10 menit sambil mendengarkan lagu rock dalam playlist pribadi mereka. Sementara sebagian partisipan lainnya hanya boleh duduk tanpa mendengarkan musik dengan panjang durasi yang sama. Hasil akhir dari penelitian menunjukan tingkat stress yang menurun dan ketenangan pada partisipan yang mendengarkan musik rock.

Namun, penelitian ini bersifat khusus dan tidak general, karena partisipan yang mengikuti penelitian memang menyukai musik rock. Dari penelitian ini, kita bisa menangkap bahwa genre musik bukan penentu dari terbentuknya sebuah perasaan. Ketika PiBi mendengarkan genre musik yang PiBi sukai, otomatis jenis musik tersebut bisa menjadi obat penekan stress, termasuk musik rock yang keras sekali pun.

Apa PiBi menyukai musik rock? Dengarkan beberapa lagu kencang favoritmu untuk menghilangkan stress!

 

by. Bernadetta Yucki

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close