I Like ItTau Gak Sih?

Apa Itu Fermi Paradox?

Palingbaru – Pernah ‘kah PiBi melihat ke langit malam yang bertaburan bintang dan mempertanyakan, “seberapa luas luar angkasa?”, “apa benar kita satu-satunya koloni makhluk hidup di alam semesta yang sangat luas ini?”, “apa mungkin alien itu ada?”, semua pertanyaan itulah yang melahirkan Fermi Paradox.

Fermi Paradox merupakan hasil disuksi dari seorang bapak atom bernama Enrico Fermi dan beberapa ilmuwan lainnya, Emil Konopinski, Edward Teller, dan Hebert York. Pada tahun 1950, Fermi melayangkan pertanyaan tentang peradaban lain di luar angkasa pada ketiga ilmuwan tersebut dalam sebuah agenda makan siang yang santai.

3 Apa itu Fermi Paradox_

Pertanyaan tersebut muncul dengan beberapa landasan teori yang jelas, lho. Dilansir dari Comos Magagizne, berikut beberapa landasan teori dari Fermi Paradox:

  1. Galaxi Bima Sakti terdiri dari ratusan juta bintang, beberapa juta dari bintang-bintang tersebut memiliki kriteria yang sama dengan Matahari sebagai sumber energi Bumi.
  2. Sangat memungkinkan bintang-bintang ini memiliki planet seperti Bumi.
  3. Bumi bukan planet yang spesial, ada kemungkinan peradaban lain yang mirip dengan Bumi di planet lain.
  4. Perjalanan antar bintang akan memakan waktu yang lama, namun, ada bintang-bintang di luar angkasa yang telah berusia lebih tua dari Matahari, membuat mungkin bahwa perjalanan antar bintang mungkin sudah pernah dilakukan.
  5. Dengan berbagai fakta ini, mengapa hingga saat ini kita belum pernah menemukan jejak alien?

2 Apa itu Fermi Paradox_

Definis dari Fermi Paradox sendiri adalah pertanyaan mengenai peradaban lain di luar angkasa yang lebih canggih dari Bumi namun belum memiliki bukti nyata sama sekali. Hal ini sama saja PiBi percaya dengan keberadaan alien, namun PiBi tidak bisa membuktikannya.

Dengan landasan teori diatas, manusia bisa memperkirakan keberadaan alien, namun sayangnya teknologi kita beljum cukup canggih untuk melakukan ekspedisi luar angkasa dan alien tampaknya belum berniat bertemu dengan makhluk di Bumi.

So, apa PiBi percaya bahwa alien mungkin saja ada di luar angkasa sana?

 

by. Bernadetta Yucki

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close