I Like ItTau Gak Sih?

Apa Itu Gaya Hidup Minimalis?

Palingbaru – PiBi menyadari perkembangan global jaman sekarang makin mengarah pada perilaku masyarakat yang konsumtif dan ambisius dalam menjajaki status sosial yang tinggi. Sosial media juga dipenuhi dengan orang-orang yang pamer tentang gaya hidup mereka yang hedonis.

Orang-orang semakin berubah menjadi budak waktu dan terobsesi dengan pekerjaan mereka. Hal tersebut diraih hanya demi pengakuan, menjaga nama baik keluarga, atau sekedar untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari yang semakin meningkat.

gaya hidup minimalis (2)

Di tengah fenomena gaya hidup manusia yang semakin dinamis ini menjadi pelopor bagi sekelompok orang yang telah muak dengan kehidupan konsumtif dan hedonis, menjadi seorang minimalis.

Gaya hidup minimalis dipelopori oleh Joshua Fields Millburn dan Ryan Nicodemus. Mereka berbicara dan menulis tentang gaya hidup minimalis melalui blog pribadi mereka, buku, dan melalui wawancara di media besar seperti New Yorl Times, Time, Forbes, dan masih banyak lagi.

Mereka berdua juga telah membuat film dokumentari berjudul Minimalism: A Documentary About the Important Things yang bisa PiBi tonton untuk lebih mengetahui tentang gaya hidup satu ini.

Dilansir dari website The Minimalist, minimalisme dianggap sebagai sebuah sarana bagi setiap orang orang untuk menemukan arti sesungguhnya dari kebebasan. Kebebasan dari rasa takut, kekhawatiran, hingga perasaan lain yang berlebihan dan seringkali membuat PiBi stress.

gaya hidup

Bagaimana cara PiBi untuk bebas dari segala rasa kekhawatiran tersebut? Caranya dengan hidup minimalis. Dengan membuang segala hal yang sebetulnya berlebihan dan tidak penting dan hanya fokus pada sesuatu yang penting. Tidak perlu beli smartphone baru jika yang lama masih bagus, jangan mudah membeli sepatu baru yang akhirnya juga tidak akan dipakai.

Pamer di sosial media merupakan hal yang tidak penting, begitu pula dengan memiliki lebih dari satu mobil. PiBi juga harus lebih berorientasi pada diri sendiri, mimpi apa yang ingin kamu capai dan fokus pada hal tersebut.

Ketika PiBi hanya berfokus pada hal penting, maka hidup akan lebih ringan.

 

by. Bernadetta Yucki

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close