News & InformationScienceTau Gak Sih?Video

Apa Jadinya Jika Lempengan Es Antartika Bernyanyi ? Ini Jawabannya

Kalau mendengar orang bernyanyi sih udah biasa ya, tapi kalau tiba-tiba kamu mendengar lempengan es di antartika yang mengeluarkan suara, bagaimana perasaanmu?

Tapi hal tersebut memang benar terjadi loh.

Kejadian tersebut berawal dari temuan peneliti yang merekam nyanyian lempeng es Ross di Antartika. Hal ini mereka tulis di jurnal Geophysical Research Letters. Nyanyian tersebut berasal dari degung seismik pelan yang diakibatkan oleh goresan angin pada permukaan lempeng. Namun degung tersebut tidak bisa didengarkan langsung oleh telinga manusia. Sehingga para peneliti harus mempercepat 1.200 kali agar bisa didengarkan.

Suara yang terdengar dari rekaman yang di publish melalui akun YouTube American Geophysical Union (AGU) pada Kamis (16/10) lalu, menampilkan suara nyanyian lempeng es Ross yang sedikit mengerikan. Sepertinya, suara tersebut cocok loh digunakan untuk soundtrack film thriller.

 

Dilansir dari livescience, awalnya para peneliti berniat untuk mempelajari keadaan fisik dari lempeng es Ross yang merupakan lempeng es terbesar di Dunia. Mereka  memasang 34 sensor seismik di lempeng es Ross sejak tahun 2014 hingga tahun 2017. Namun saat mempelajari data struktur lempeng es dari rentang tahun tersebut, mereka menemukan fakta bahwa lapisan salju di sana terus bergerak karena tipuan angin yang menyebabkan dengungan seismik.

Dengungan tersebut dapat berubah menjadi halus dan pelan dalam kondisi tertentu, yakni ketika badai besar yang mengubah bentuk bukit salju. Selain itu, ketika peristiwa pemanasan global pada Januari 2016 yang menyebabkan permukaan lempeng mencair.

Dengan memantau nyanyian lempeng es, memungkinkan para ilmuwan untuk melacak pergeseran di permukaan es dengan jarak jauh dengan praktis dan mendapatkan waktu yang akurat. Hal ini mampu membantu mereka menyusun gambaran stabilitas lempengan es yang lebih lengkap, dan menjadi peringatan pertama saat lempeng es mengalami keretakan.

Para ilmuwan juga menambahkan, apa yang mereka lakukan saat ini adalah alat untuk memantau perkembangan lingkungan yang memiliki dampak besar pada lempengan es.

by Nana Riyana

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close