Kalian pasti tidak asing dengan Augmented Reality (AR)? Iya, Augmented Reality (AR) merupakan teknologi yang menggabungkan benda maya dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lantas memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu yang nyata. Sehingga apapun teknologi yang berhubungan dengan Augmented Reality (AR) pasti akan terlihat sangat indah.

Seperti Lukisan yang satu ini. Seorang seniman digital bernama Alex Mayhew baru-baru saja menciptakan sebuah aplikasi ReBlink sebagai eksibisi seni di Art Gallery of Ontario. Aplikasi yang diciptakannya ini dijamin mampu membuat kalian takjub. Sebab aplikasi tersebut bisa membuat lukisan menjadi lebih hidup atau nyata.

Terlihat jelas perbedaannya lho, PiBi. Saat menggunakan mata telanjang dengan menggunakan aplikasi ReBlink. Kalau kalian menggunakan mata telanjang, maka lukisannya akan tetap menjadi sebuah gambar mati. Namun, saat kalian menggunakan aplikasi ReBlink maka kalian akan melihat gambar mati tersebut menjadi hidup dan melakukan aktivitas di dunia nyata. Sedikit seram sih, tapi keren. Tapi tidak Cuma seram lho, PiBi. Kadang ada pula tingkah lucu dari lukisan tersebut saat direfleksikan ke dunia nyata.

Konsepnya memang sedikit berbeda dengan Virtual Reality (VR). Jika VR mengajak kita masuk ke dalam dunia buatan dengan alat bantuan. Maka sebaliknya, VR akan membuat dunia buatan masuk ke dunia nyata kita. Begitulah penjelasan sederhana mengenai perbedaan konsep dua teknologi tersebut, PiBi. Tapi walau berbeda, keduanya sama-sama menyajikan hal yang tidak biasa dan patut diapresiasi. Sebab hanya teknologi yang mampu menciptakan rekayasa seperti itu.

Apa Tanggapanmu?
  • Fascinated
  • Happy
  • Bored
  • Angry
  • Sad
  • Afraid

Apa Komentarmu ?

komentar