I Like ItTau Gak Sih?

Apa Perbedaan Dementia dan Alzheimer?

Palingbaru – Dementia dan Alzheimer, keduanya menunjukan gejala yang sama pada manusia, yaitu menurunnya kinerja otak. Namun keduanya merupakan hal berbeda.

Kedua hal tersebut bisa dialami oleh siapa pun, pada usia berapa pun. Untuk lebih paham mengenai perbedaan Dementia dan Alzheimer, PiBi perlu menyimak pembahasan berikut.

Dementia

Ini Perbedaan Dementia-2

Yang pertama mati kita berbicara tentang Dementia. Dementia adalah sebuah sindrome, bukan penyakit. Sindorme ini pada umumnya muncul secara alami pada orang yang mulai beranjak tua. Menuanya usia seseorang juga membuat organ tubuh mulai memilikiIni-Perbedaan-Dementia kinerja yang menurun, termasuk otak.

Dementia akan diawali dengan kasus-kasus kecil ketika seseorang melupakan hal-hal tertentu. Wajar ketika seseorang lupa akan suatu hal, namun ketika hal tersebut mulai menjadi parah, bisa jadi itu tanda seseorang memiliki Dementia.

Tidak hanya sekedar lupa mematikan kopor atau membawa barang tertentu. Orang yang memiliki dementia akan kehilangan beberapa memori dalam otaknya yang sebelumnya bersifat sebagai memori permanen. Misalnya melupakan nama orang terdekatnya hingga tidak dapat mengenali wajah mereka lagi.

Dementia juga dikategorikan sebagai gejala dari Alzheimer.

Alzheimer

Ini-Perbedaan-Dementia

Alzheimer merupakan penyakit serius yang lebih serius dari sekedar dementia. Alzheimer merupakan penyakit progresif yang akan menurunkan kemampuan otak untuk menyimpan memori hingga fungsi kognitif pada otak sebagai sumber informasi pada tubuh manusia.

Penyakit ini dapat dialami oleh orang yang berusia 60 tahun, namun tidak menutup kemungkinan orang yang lebih muda juga bisa mengidap Alzheimer. Masih belum diketemukan apa yang menjadi pemicu Alzheimer, tak ada pula obat atau metode perawatan yang dapat menyembuhkan penyakit ini, hanya ada obat yang dapat memperlambat penurunan kinerja otak.

Penurunan kinerja otak bisa PiBi hindari dengan menjaga pola hidup yang sehat dan meninggalkan kebiasaan -kebiasaan sepele yang dapat menurunkan sistem kerja otak. Dengan begini, terhindar dari Dementia dan Alzheimer sangat mungkin bagi PiBi hingga lanjut usia sekali pun.

 

by. Bernadetta Yucki

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close