Teknologi yang semakin berkembang seharusnya bisa membantu semua orang ya, PiBi. Tak terkecuali teman-teman kita yang merupakan penderita tuna netra.

Baru-baru saja, Google mengumumkan akan segera merilis teknologi terbaru berupa aplikasi yang bisa digunakan di smartphone. Aplikasi tersebut nantinya akan bisa membantu para penderita tuna netra atau orang-orang dengan penglihatan minim untuk melihat sekeliling mereka. Aplikasi tersebut dinamakan Lookout.

Teknologi terbaru dari perusahaan teknologi besar itu diharapkan bisa membuat para penderita tuna netra lebih mandiri, seperti yang selama ini mereka inginkan. Aplikasi Lookout dari Google ini akan menyediakan notifikasi suara ketika seorang penderita tuna netra berjalan mendekati suatu obyek.

Obyek tersebut bisa berupa benda mati, orang lain, maupun papan berisi tulisan. Teknologi ini akan menjelaskan apapun yang berada di dekat mereka. Jadi, aplikasi ini seolah menjadi mata untuk para penderita tuna netra ya, PiBi.

Google Lookout menawarkan 4 jenis mode: mode home, mode work & play, mode scan, and mode experimental. Eksperimental adalah mode yang nantinya bisa digunakan para penderita tuna netra untuk mencoba fitur terbaru yang disediakan Google. Waah!

Lookout memberikan informasi yang relevan untuk semua obyek bagi para penderita tuna netra. Contohnya, aplikasi Lookout melihat adanya obyek benda mati di dekat penderita tuna netra. Maka aplikasi ini akan menjelaskan obyek tersebut dan letaknya. Misalnya: “Bangku di arah pukul 3”. Yang artinya, ada obyek berupa bangku di arah pukul 3 dari penderita tuna netra itu, PiBi. Keren banget ya teknologi ini!

Sebagai teknologi baru, aplikasi lookout juga akan semakin baik jika semakin sering digunakan. Relevansi aplikasi ini terhadap ketepatan obyek yang diidentifikasi juga akan semakin akurat jika semakin sering digunakan.

Google merekomendasikan agar penderita tuna netra untuk meletakkan smartphone mereka di sekitar leher atau saku kemeja dengan kamera yang mengarah ke bagian luar sesuai dengan arah pandangan mereka. Karena Google Lookout ini menggunakan kamera untuk membaca obyek yang berada di sekitar mereka.

Wah, teknologi memang seharusnya bisa digunakan untuk membantu yang membutuhkan ya, PiBi.

Apa Tanggapanmu?
  • Fascinated
  • Happy
  • Bored
  • Angry
  • Sad
  • Afraid

Apa Komentarmu ?

komentar