Menyambut Hari Bumi dan melanjutkan komitmen mereka untuk konservasi alam, Apple baru saja memperkenalkan robot Daisy. Robot Daisy ini akan berfungsi untuk mendaur ulang iPhone dan MacBook menjadi produk baru.

Kenapa sih Apple harus mendaur ulang begitu? Berarti iPhone dan MacBook kita selama ini barang bekas dong?

Begini, PiBi, kalau kamu beli iPhone baru, iPhone baru kamu dikemanakan? Pasti cuma dibuang begitu saja kan? Padahal kan bahan pembuat iPhone itu material yang sulit didegradasi di lingkungan, PiBi. Yah, kita jadi penyumbang kerusakan alam deh.

Oleh karena itu Apple mengadakan Program Apple Giveback yang didukung dengan adanya robot Daisy. Robot daisy ini akan membongkar iPhone lama kamu untuk menyelamatkan material yang masih bisa digunakan kembali.

Robot Daisy bisa membongkar 200 perangkat iPhone dalam 1 jam. Robot ini akan membongkar dan memilah komponen yang masih berguna namun tidak merusak komponen tersebut. Nah, mesin pendaur ulang tradisional belum bisa nih melakukan ini, PiBi.

Setiap 100.000 perangkat iPhone yang didaur ulang akan menghasilkan 1.900 kg aluminium, 770 kg kobalt, 710 kg tembaga, dan 11 kg elemen lain yang jumlahnya semakin menipis di bumi. Wah, jadi program daur ulang ini efektif banget ya untuk menyelamatkan sumber daya bumi.

Daisy adalah generasi kedua robot daur ulang buatan Apple. Yang pertama diluncurkan pada 2016 bernama Liam yang juga bisa membongkar komponen perangkat Apple. Daisy ini adalah upgrade dari Liam karena robot ini dibuat dari komponen robot Liam.

Adanya robot Daisy ini mendukung komitmen Apple untuk menciptakan planet bumi yang lebih sehat lewat inovasi-inovasi mereka. Robot Daisy juga membantu perusahaan tersebut untuk mewujudkan tujuan mereka, yaitu membuat produk hanya menggunakan material daur ulang!

Jadi, yuk ikutan Apple Giveback, PiBi. Dengan begitu, kita juga membantu melestarikan lingkungan, lho. Setiap perangkat yang masih dalam keadaan baik akan mendapatkan kredit yang bisa digunakan oleh konsumen ketika membeli produk Apple atau dimasukkan ke dalam Apple Store Gift Card.

Apa Tanggapanmu?
  • Fascinated
  • Happy
  • Bored
  • Angry
  • Sad
  • Afraid

Apa Komentarmu ?

komentar