Kekurangan fisik bukan lagi menjadi hal yang menghalangi kita dalam beraktivitas, benar kan? Kekurangan fisik juga tidak seharusnya membuat kita dibedakan dari orang lain pada umumnya. Itulah yang ingin disampaikan oleh Apple dalam keputusannya baru-baru ini.

Apple sedang mengajukan pembuatan 13 emoji baru. Emoji baru ini akan menggambarkan orang-orang dengan disabilitas, yaitu tuna netra, tuna rungu, dan tuna daksa.

Dilansir dari Mashable, pengajuan tersebut ditujukan Apple pada perusahaan pembuat emoji, Unicode Consortium. Dengan 13 emoji yang menggambarkan kondisi inklusi ini, Apple berusaha untuk mengisi gap dan menyediakan pengalaman inklusi pada semua orang agar kita bisa bersama-sama merasakannya.

Mereka juga ingin memastikan bahwa komunitas orang dengan disabilitas bisa tergambarkan dengan baik lewat 13 emoji tersebut.

Apa saja ya emoji inklusif yang diajukan oleh Apple?

Orang yang menggunakan kursi roda otomatis

Orang yang menggunakan kursi roda manual

Lengan dan kaki palsu

Simbol tuna rungu

Telinga yang menggunakan alat bantu pendengaran

Orang yang menggunakan tongkat berjalan

Anjing pemandu

Apple sengaja mengajukan dua jenis kursi roda agar tidak terjadi kesenjangan dan anggapan egois mengenai kursi roda mana yang paling baik untuk pergerakan penderita tuna daksa.

Dengan emoji ini, Apple juga berharap akan lebih banyak lagi pembicaraan mengenai disabilitas di dunia. Bahwa disabilitas bukanlah hal yang harus dihindari, tapi harus tetap dikembangkan selayaknya manusia pada umumnya.

Kenapa penggambarkan disabilitas dan inklusi ini dilakukan dengan emoji ya, PiBi?

Karena emoji dianggap sebagai bahasa universal dan alat yang sangat powerful dalam berkomunikasi.

PiBi juga kalau sedang chatting pasti menyelipkan emoji kan untuk menggambarkan suasana hati dan kondisi saat itu? Itu juga yang diharapkan Apple, PiBi. Bahwa emoji inklusif bisa menjadi bagian obrolan dan digunakan untuk mendukung orang-orang dengan disabilitas.

Sepertinya, update emoji terbaru ini akan hadir pada Emoji 12.0 pada 2019 nih, PiBi. Buat kamu pengguna iOS, jangan lupa ikut memakai emoji inklusif ini, ya!

Apa Tanggapanmu?
  • Fascinated
  • Happy
  • Bored
  • Angry
  • Sad
  • Afraid

Apa Komentarmu ?

komentar