Selama ini, bangunan rumah maupun gedung cenderung mirip antara satu sama lain. Kemonotonan itu yang membuat arsitektur asal Jepang, Akihisa Hirata, membuat bangunan berbeda, yaitu rumah sarang pohon atau tree-ness house.

Bangunan unik yang merupakan gabungan dari rumah dan toko tersebut berada di distrik Otsuka di Tokyo, Jepang. Karena kecintaannya pada arsitektur yang terinspirasi dari alam, Akihisa mengubah bangunan biasa itu menjadi rumah sarang pohon.

Dilansir dari Designboom, rumah sarang pohon yang ia buat itu menghancurkan batas antara indoor dan outdoor, serta memiliki 3 bagian penting. Yang pertama adalah bangunan rumah toko yang memiliki beberapa ruang, lalu bagian lipatan yang menggabungkan antara bagian luar dan bagian dalam bangunan, serta ruang tumbuhan. Ruang tumbuhan ini berupa kebun mini yang terpisah-pisah sehingga membuat tampilan bangunan menjadi cantik di setiap sudutnya.

Unik dan cantik banget ya, PiBi.

Biasanya kan bangunan itu hanya terpisahkan antara lantai yang satu dengan lantai di atas atau di bawahnya, nah kalau rumah sarang pohon ini berbeda, PiBi. Bangunan ini memiliki tingkatan lantai yang unik dan tidak sesuai dengan apa yang kita ketahui selama ini.

Misalnya nih, dari lantai satu kita bisa keluar dari jendela dan menaiki tangga ke lantai dua. Sementara, lantai dua itu juga bersinggungan sedikit dengan lantai 3. Jadi, lantai 3 tidak sepenuhnya berada di atas lantai 2. Lucu, kan?

Ketidakteraturan itu dibuat oleh Akihisa secara sengaja dan terinspirasi dari sebuah pohon. Pohon, seperti yang kita ketahui, memiliki batang dan ranting yang munculnya tidak teratur dari batang utama. Nah, itu juga yang ia aplikasikan pada rumah sarang pohon ini, PiBi. Meskipun setiap ranting itu melekat dan muncul dari batang utama, namun setiap ranting juga bisa berdiri sendiri dan memunculkan daun serta bunga sendiri.

Desain tersebut juga ia buat untuk meleburkan batas antara indoor dan outdoor dari sebuah bangunan. Sehingga bukan hal yang aneh jika kita melihat tangga di bagian luar bangunan ini dan tersambung pada bagian dalam.

Pastinya, rumah sarang pohon ini menjadi alternatif dan solusi bangunan hijau ramah lingkungan tanpa harus memiliki lahan untuk berkebun di depan rumah.

Bisa ditiru nih, PiBi. Kita bisa menanam pohon dan meletakkannya di bagian roof top atau teras rumah kita.

Apa Tanggapanmu?
  • Fascinated
  • Happy
  • Bored
  • Angry
  • Sad
  • Afraid

Apa Komentarmu ?

komentar