Hati-Hati! Kenali Beberapa Bentuk Diskriminasi Perempuan di Tempat Kerja

Teman – teman PiBi sudah tahu belum kalau hari ini 24 Juli adalah hari Pemerintah Republik Indonesia Meratifikasi Konvensi Perempuan dengan UU NO.7/1984. Konvensi perempuan adalah penghapusan segala bentuk diskriminasi terhadap perempuan. Memang, kesejahteraan hak-hak dan emansipasi wanita sejak sudah ada sejak zaman ibu kita Kartini

Sayangnya, ternyata masih banyak lho teman – teman perempuan kita yang belum bisa berdiri di tanah yang sejajar dengan laki – laki. Kali ini PalingBaru akan membahas bentuk – bentuk praktek diskriminasi atau pembatasan hak – hak perempuan di tempat kerja, apa saja ya?

1. Outfit rules

1_5.jpg

Beberapa perusahaan membuat aturan seperti perempuan harus berdandan dan mengenakan makeup  yang menarik, sementara laki-laki tidak diharuskan untuk memakai apapun supaya terlihat lebih atraktif. Apakah ini adil jika seseorang perempuan dilihat dari penampilannya, sementara laki-laki dilihat dari kinerjanya?

2. Strereotip

2_5.jpg

Perempuan disangka tak bisa bersikap profesional atau mengesampingkan emosi dibanding laki-laki, dan biasanya suara laki-laki lebih didengar dari perempuan. Misalnya, saat teman – teman perempuan PiBi melamar kerja sebagai peneliti, eh malah ditawari posisi sebagai sekretaris karena perempuan lebih identik dengan tugas-tugas administratif.

3. Pembatasan kesempatan

3_4.jpg

Saat perusahaan menawarkan kesempatan karir yang bagus dan ditugaskan di luar kota, wanita yang sudah berkeluarga biasanya langsung dicoret dari daftar kandidat. Anggapannya, tak mungkin seorang ibu meminta suami dan anak-anaknya untuk pindah karena tuntutan pekerjaan, padahal seorang suami sah-sah saja kalau harus memboyong keluarganya pindah ke luar kota demi mengejar kesempatan karir yang lebih bagus.

4. Pelecehan seksual

4.jpeg

Beberapa wanita mendapat perlakuan tak pantas di tempat kerja, terutama jika mereka berada di posisi yang lebih lemah dibanding atasan dan bos yang berpengaruh dan memegang kendali atas nasib mereka. Pelecehan ini bisa dalam bentuk kata-kata, sikap, bahkan tindakan fisik. Segera laporkan segala bentuk pelecehan seksual pada manajer atau bidang personalia di kantor kamu ya…

5. Dijadikan pesuruh

5a_0.jpg

Apakah atasan teman – teman PiBi selalu meminta pegawai perempuan menyiapkan konsumsi rapat atau menjawab telepon masuk saat resepsionis kantor sedang tidak di tempat? Atau ketika ada acara kantor, perempuan lah yang sering ditunjuk sebagai panitia yang menyiapkan segala keperluan, mulai dari booking tempat, mengorganisir tamu, dan segala hal remeh-temeh lainnya dibanding laki-laki?

6. Cuti hamil

6_0.jpg

Diskriminasi terjadi ketika  perusahaan menggunakan kehamilan sebagai suatu alasan untuk menilai produktivitas. Dan tidak banyak korban yang melindungi haknya dengan menuntut apabila perusahaan meminta memperpendek waktu cuti hamil yang diambil.

Nah apakah kantor teman – teman PiBi sudah bebas dari diskriminasi? Jika beberapa poin di atas sering teman-teman PiBi yang perempuan alami, ayo tunjukkan pada dunia bahwa kita adalah cewek tough yang tak akan tinggal diam saat hak-haknya diabaikan begitu saja.

 

Source: Google, feministing.com

 

Paling Baru's picture
Last seen: 8 hours 50 min ago
Joined: 1 Feb 2014 - 03:18