BusinessNews & Information

Asyik, Tarif TOL Suramadu Mulai Hari ini Gratis!!!

PalingBaru- Kabar gembira nih buat kamu yang suka mondar mandir Madura-Surabaya. Mulai hari ini, tarif tol jembatan Surabaya Madura digratiskan.

Melalui, keputusan presiden, Jokowi mengubah fungsi jembatan Suramadu yang awalnya adalah jalan tol berubah menjadi jalan umum. Dengan begitu, tidak ada lagi tarif yang berlaku (gratis)

Sebelumnya, masyarakat di Madura mendesak pemerintah agar jemabatan Suramadu digratiskan. Warga Madura keberatan dengan tarif yang diberlakukan, karena dapat menghambat mobilitas eknomi di pulau garam tersebut.

Masukan ini direspon Pemprov Jatim dengan mengusulkan kepada pemerintah agar menggratiskan tarif tol tersebut. Harapannya, dengan gratisnya tarif tol akan mendongkrak pembangunan di Madura.

Selama ini, tarif tol jembatan Suramadu, pernah sekali mengalami perubahan pada tahun 2016 yang dipangkas hingga 50 persen dari tarif sebelumnya. Sepeda motor digratiskan, namun mobil membayar 15 ribu, truk harus mengeluarkan biaya sebesar 22.500 hingga 45 ribu rupiah tergantung jenis kendaraannya. Dan sekarang semua tariff tersebut tidak berlaku lagi.

Tentu saja langkah menggratiskan tarif melitasi jembatan Suramadu disambut baik oleh warga Madura dan Surabaya, khususnya bagi pengusaha yang setiap harinya harus bolak-balik Surabaya-Madura untuk pengiriman barang.

Jembatan Suramadu, dibangun pada tahun 2003 di era pemerintahan Megawati Soekarno Putri, diresmikan tahun 2009 oleh pemerintahan Susilo bambang Yudoyono dan kini digratiskan di era pemerintahan Joko Widodo.

Pembangunan Jembatan Suramadu menghabiskan anggaran sekitar 4,5 triliun rupiah hasil kerjasama pemerintah Indonesia dengan Konsorsuim Cina. Jembatan ini menjadi jembatan terpanjang di Indonesia yaitu sepanjang 5.438 meter. Dengan langkah pengratisan tarif, mulai saat ini biaya pemeliharaannya ditanggung oleh APBN.

By Nana Riyana

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close