I Like ItTraveling

Asyiknya Berkunjung ke Benteng Fort Rotterdam

Ingin menghabiskan waktu berlibur sambil mengenal sejarah Indonesia, Fort Rotterdam adalah tujuan yang cocok untuk liburan kamu. Mendengar namanya saja, seperti berada di negeri kincir angin Belkamu, tapi jangan salah Fort Rotterdam berada di Kota Makassar. Salah satu ikon wisata Kota Makassar ini adalah sebuah benteng peninggalan Kerajaan Gowa Tallo.

Benteng yang juga dikenal dengan nama Jumpkamung itu dibangun pada tahun 1545 oleh Raja Gowa ke-9, yaitu I Manrigau Daeng Bonto Karaeng Lakiung Tumapa ’risi’ Kallonna. Kerajaan Gowa-Tallo memiliki 17 buah benteng dan benteng Jumpkamung yang paling megah.

Sejarah mencatat benteng tersebut pernah hancur akibat penyerbuan Belkamu terhadap Kerajaan Gowa Tallo untuk menguasai jalur perdagangan rempah-rempah. Pertempuran tersebut berlangsung selama satu tahun sampai Belkamu pun mengalahkan Kerajaan Gowa Tallo. Akhirnya pada 18 November 1667, Belkamu membuat perjanjian Boganya dimana perjanjian tersebut salah satunya adalah penyerahan benteng pada pasukan Belkamu.

Ada yang unik dari bangunan Fort Rotterdam ini, yaitu jika diamati dari udara bangunan terlihat berbentuk segi lima seperti seekor penyu. Tinggi dinding pagar mencapai 5 meter dan tebal 2 meter dengan pintu berukuran kecil sehingga bangunan menyerupai seekor penyu.

Hingga saat ini bangunan Benteng Rotterdam tetap berdiri kokoh. Disana terdapat 5 menara, dimasing-masing sudutnya ada 4 menara dan 1 menara berada di pintu utama. Sedangkan didalam benteng terdapat 13 bangunan, diantaranya 11 bangunan digunakan Belkamu dan 2 bangunan dibangun oleh Jepang.

Pengunjung yang datang akan disajikan dengan pajangan kitab kuno yang ditata dengan rapi, patung Buddha, pakaian adat, Lamming atau pelaminan pengantin suku bugis, peralatan nelayan dan lukisan sang proklamator Soekarno.

Jangan melewatkan untuk bertandang di Museum La Galigo karena museum tersebut menyimpan banyak koleksi seperti, numismatic, prasejarah, keramik, naskah dan etnografi yang terdiri dari beberapa jenis teknologi, kesenian dan bermacam benda lain yang digunakan oleh suku Bugis, Mandar, Toraja dan Makassar. Untuk anda yang tertarik berkunjung ke Benteng Rotterdam menjadi pilihan yang tepat untuk berlibur sambil mengenal sejarah Indonesia.

By Nana Riyana

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close