Uncategorized

Baca Ini Kalau Kamu Masih Bingung Setelah Nonton Cuplikan Film “Assassin’s Creed”

11 Mei lalu trailer “Assassin’s Creed” sudah rilis di Jimmy Kimmel Live. Kita harus berterima kasih pada Jimmy Kimmel karena ini, seperti pas trailer pertama “Captain America: Civil War” ditayangkan di acaranya dan diunggah ke akun resminya.

Dalam film “Assassin’s Creed” Michael Fassbender dipertemukan kembali dengan lawan mainnya di film “Macbeth”, Marion Cotillard.

Marion Cotillard sebagai Dr. Sophia Rikkin

Mungkin ini bukan hal yang mengejutkan mengingat Justin Kurzel, sutradara “Assassin’s Creed”, adalah juga sutradara “Macbeth”.

“Assassin’s Creed” sendiri adalah film yang diadaptasi dari beberapa seri game produksi Ubisoft (Gameloft untuk dua seri diantaranya) dengan judul sama.

Kamu nggak harus main game ini buat bisa nonton dan paham film ‘Assassin’s Creed’. Hal yang perlu kamu lakukan adalah duduk santai lalu baca artikel ini karena Tim PalingBaru siap memberikan sedikit pencerahan.

Film “Assassin’s Creed” berpusat di dua era. Pertama, masa kini. Kedua, era dimana Spanish Inquisition memiliki kendali besar dalam sejarah.

Fassbender berperan sebagai Callum Lynch, seorang terdakwa hukuman mati, yang dipaksa untuk melakukan perjalanan ke masa lalu dengan perantara sistem teknologi bernama Animus yang dikembangkan oleh Abstergo Industries.

Callum Lynch di dalam sebuah Animus

Lynch harus melakukannya sebagai salah satu leluhurnya bernama Aguilar yang hidup di era Spanish Inquisition. Lalu, apa itu Spanish Inquisition? Sabar. Kita akan bahas itu nanti.

Rupanya Aguilar ini adalah seorang master assassin kelompok rahasia, Assassins. Kelompok yang lahir di abad 11 ini sendiri emang dulu beneran ada.

Menurut sejarah, para Assassins ini dipimpin filsuf asal Persia (kini Iran) bernama Hassan-i Sabbah. Dia mengumpulkan orang-orang, disebut Assassins, untuk melindungi kepentingannya dengan jalan menebar ancaman, bahkan membunuh, termasuk para pemimpin dan politisi.

Assassins ini lalu bermusuhan dengan Knights Templar. Knights Templar juga adalah sebuah kelompok rahasia yang awalnya adalah sekumpulan orang-orang yang mengawal peziarah Kristen menuju Yerusalem.

Mereka menjadi semakin populer dan lama-lama berubah menjadi kelompok yang sering melakukan korupsi karena dapat dukungan dari Gereja. Kamu harus tahu di era itu Gereja sangat kuat. Kelompok Assassins nggak setuju dengan ini.

Di game diceritakan Assassins bermusuhan dengan Knights Templar karena perbedaan ideologi. Knights Templar adalah kelompok yang menginginkan kontrol absolut. Sedangkan Assassins menginginkan kebebasan individu.

Meski kabarnya perseteruan kedua kelompok emang terjadi, tapi banyak yang meyakini keduanya sudah tidak ada saat ini. Sedangkan di dalam game, kedua kelompok berseteru dalam berbagai rentang waktu sepanjang sejarah.

Dalam game juga Knights Templar berkembang menjadi sebuah korporasi. Bisa jadi, Abstergo Industries itulah Knights Templar masa kini. Sedangkan latar belakang waktu ketika Lynch menjadi Aguilar adalah ketika Spanish Inquisition berperan sangat kuat.

Kelompok Assassins di Era Spanish Inquisition

Nah, baru sekarang kita bahas soal Spanish Inquisition.

Jaman dulu memang ada sebuah institusi bernama Spanish Inquisition. Ini adalah sebuah institusi hukum yang ada dari tahun 1478-1834 di Spanyol dengan tujuan menjaga kekuatan agama Kristen.

Jadi awalnya gini, di Spanyol (dan wilayah jajahannya) agama Kristen itu bisa dianggap sebagai, let’s say, agama resmi kerajaan. Suatu ketika di abad ke-13, mereka kedatangan Bangsa Moor.

Siapa itu bangsa Moor? Mereka adalah campuran orang-orang Arab, Spanyol, dan Berber (keturunan Arab yang tersebar, terutama, di Afrika Utara) yang memeluk agama Islam. Spanyol punya wilayah jajahan di area ini.

Nah, orang-orang Spanyol bertekad menyatukan diri melalui agama untuk melawan Bangsa Moor ini. Dengan kata lain, umat Kristen Spanyol harus solid.

Ketika itulah muncul aturan bahwa penganut agama Islam harus berpindah agama menjadi Kristen atau dihukum mati. Nggak cuma Islam, pemeluk agama Yahudi juga jadi korban karena pengaruh Yahudi di Eropa yang cukup besar. Disinilah Spanish Inquisition berperan penting.

Institusi ini didirikan Kerajaan Spanyol supaya pemeluk Kristen yang baru ini bisa dikontrol. Kenapa?

Spanyol menganggap ancaman terbesar datang dari mereka karena kekhawatiran mereka akan memberontak dari dalam. Spanish Inquisition ini institusi yang mempraktekkan kebrutalan, termasuk pembunuhan.

Dari latar belakang waktu inilah cerita “Assassin’s Creed” berkembang. Knights Templar adalah kaki tangan kerajaan dan gereja, sedangkan para  Assassins, termasuk Aguilar, adalah kelompok yang menentang mereka dan aturan-aturannya.

Knights Templar berevolusi jadi Abstergo Industries, lalu kemana para Assassins itu?

Logo Abstergo Industries

Kenapa Lynch harus kembali ke masa lalu sebagai Aguilar sang leluhur? Apa yang diinginkan Abstergo Industries? Apa Abstergo Industries sedang mengejar rahasia yang disimpan ratusan tahun oleh kelompok Assassins, dan ingin mendapatkannya melalui salah satu keturunan kelompok itu?

Tiga hal yang paling jelas, setidaknya menurut Tim PalingBaru. Pertama, percampuran aspek sejarah dan fiksi ini sangat cerdas dan membuat cerita film “Assassin’s Creed” lebih kaya daripada sekedar film superhero.

Kedua, kita akan disajikan akting menjanjikan dari Michael Fassbender dan Marion Cotillard layaknya di film-film mereka yang lain.

Ketiga, berangkat dari film “Macbeth”, Justin Kurzel juga pasti nggak akan main-main dengan sinematografi film barunya ini.

Sekarang  kamu lihat dulu deh trailer-nya berikut ini.

Nah, buat kamu yang penasaran sama film ini, sabar dulu. “Assassin’s Creed” baru akan tayang 21 Desember 2016. (RF/FM)

Baca Juga:

Hari Ini 20th Century Fox Rilis Trailer Terbaru X-Men: Apocalypse!

Mila Kunis, Kristen Bell, Kathryn Hahn Jadi Ibu-ibu Liar di Trailer ‘Bad Moms’

‘Alice Through the Looking Glass’ Akan Segera Rilis, Begini Cara Promosi Disney

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close