News & InformationScienceTechnology

Bahan Baku Ponsel Terancam Langkah!

Palingbaru – Hai Sahabat Pibi, udah berapa kali kamu ganti hape tahun lalu? Mungkin keputusan kamu meninggalkan hape lama karena udah lemot banget, atau bisa jadi cuma pengen ikut trend terbaru aja.

Nah, tau gak kalau telepon seluler atau dalam bentuk yang paling canggih sekarang berupa ponsel pintar, konon bahan bakunya terancam bakal habis dalam waktu dekat.

Sebagaimana dikutip dari The Independent, para ilmuwan menganjurkan masyarakat agar tidak sering-sering mengganti ponsel pintarnya dengan yang baru. Hal ini agar melestarikan bahan baku yang langka dari proses pembuatan smartphone tersebut.

Bahan baku ponsel yang terancam cepat habis adalah bahan kimia yang penting. Para ilmuwan telah memberi peringatan bahwa kelangkaan bahan baku ini terjadi sepinya pasokan, lokasi bahan baku sedang dalam konflik, dan kurangnya pendauran ulang.

Solusi dari masalah ini menurut para ilmuwan tadi itu, menghindari gonta ganti handphone setiap beberapa tahun.

Di lain pihak, para peneliti telah mengembangkan satu tabel periodik yang menyoroti kelangkaan pada 90 bahan-bahan bumi yang tercipta secara alami. Beberapa digunakan untuk pembuatan perangkat-perangkat seperti ponsel dan televisi.

Namun ada kabar baik dari perairan Jepang bahwa di sana ada logam langka sebagai bahan setengah jadi, yang bisa digunakan.

Bahan-bahan ponsel pintar sendiri terdiri dari 30 elemen, misalnya tembaga, emas, perak untuk kabel dan litium, dan kobalt dalam baterai.

Warna-warna yang cerah pada tampilan smartphone diproduksi menggunakan bahan baku langka dengan jumlah yang sedikit, seperti yttrium, tyterbium dan dysprosium.

 

by. Abdul Hamid

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close