HealthInspirationScience

Banyak Makan Tapi Tetep Kurus? Ini Dia Jawabannya

Palingbaru – Mungkin di antara sahabat Pibi ada yang berusaha untuk meningkatkan berat badan. Namun sayang, tubuhmu tidak banyak kelihatan perubahannya padahal porsi makan sudah cukup banyak.

Itu artinya tubuhmu tetep kurus walau pun pola makan sudah teratur. Menurut para ilmuwan, hal ini terjadi karena tiap orang memiliki gen yang berbeda yang membuat berat badannya tetap sama selama hidup.

Dikutip dari Science Alert, beberapa riset sebelumnya telah membahas hubungan antara tipe gen pada obesitas. Riset ini mengungkap hal yang sebaliknya, membahas pengaruh gen pada kondisi badan yang kurus.

Adanya pengaruh gen pada kondisi badan yang tak kunjung gemuk ini merupakan hasil riset yang belum pernah ada sebelumnya. Riset tersebut mengungkapkan orang kurus yang sehat memiliki beban gen yang lebih rendah yang hal ini meningkatkan peluang seseorang untuk menjadi gemuk.

Atas pengaruh gen ini, seorang peneliti bernama Sadaf Farooqi menganggap bahwa orang-orang punya sedikit kontrol untuk mengatur berat badan daripada yang bisa orang itu bayangkan.

Penelitian ini membandingkan tiga kelompok DNA orang. Mulai dari perbandingan orang yang punya berat badan yang rendah sebanyak 1.622 orang terhadap 1.985 orang yang sangat gemuk, dan 10.433 orang dengan berat badan yang normal.

Dari sanalah para peneliti mencoba untuk melihat pola-pola dalam bentuk kode dari ketiga kelompok relawan tersebut.

Para peneliti juga melihat pertanyaan-pertanyaan perihal gaya hidup yang menjadi faktor pendukung pada berat badan lainnya, seperti kelainan pola makan.

Hasilnya, para peneliti menemukan bahwa orang kurus cenderung punya variasi gen yang lebih sedikit untuk meningkatkan kesempatannya menjadi gemuk.

by Abdul Hamid

 

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close