News & InformationPeople

Barang Pribadi Stephan Hawking, Akan dilelang

Barang-barang pribadi milik mendiang fisikawan dunia, Stephan Hawking akan dilelang di Inggris. Hal ini telah diumumkan secara online oleh rumah lelang ternama, Christie sejak Senin (22/10).

Ada 22 barang peninggalan Stephan Hawking dijual secara terbuka. Diantaranya termasuk lembaran lembaran kertas hasil tesis doktornya mengenai asal-usul alam semesta, beberpa penghargaan yang pernah diraih, serta karya ilmiah seperti ‘Spectrum of Wormholes’ dan ‘Fundamental Breakdown of Physics in Gravitational Collapse’.

Harga yang ditawarkan pun terbilang fantastis. Satu dari lima salinan tesis milik Profesor Hawking dari Universitas Cambridge pada tahun 1965 dibuka dengan harga USD 183.000 hingga USD 275.000 atau setara dengan Rp 2.7 miliar hingga Rp 4.1 miliar.

Selain itu, kursi roda fenomenal milik Stephan Hawking pun akan dilelang. Kursi roda tersebut adalah hasil ciptaan Profesor Hawking yang mampu membantu segala kebutuhannya, mulai dari bergerak hingga berbicara.

Seperti diketahui, Profesor Hawking menderita penyakit myotrophic lateral sclerosis (ALS), yang menyerang sistem syarafnya. Karena penyakit tersebut, Hawking membuat kursi roda tersebut agar mampu mengakomodir segala kebutuhannya. Kursi roda tersebut dibuka dengan harga sekitar USD 18.300 atau setara dengan Rp 278,4 juta sampai USD 27.500 yaitu sekitar Rp 418,4 juta.

Dilansir dari bbc, putri Profesor Hawking mengatakan bahwa pelelangan akan memberi kesempatan untuk orang lain agar memperoleh kenang-kenangan dari kehidupan ayahnya yang luar biasa. Istri mendiang Profesor Hawking mengatakan lembaga lelang online Christie’s telah membantu keluarganya mengelola koleksi pribadi dan professional.

Keluarga Hawking, berharap dapat menawarkan arsip mendiang Profesor Hawking kepada masyarakat melalui proses pelelangan sebagai pengganti karena mereka merasa hal tersebut bukan hanya warisan terbesar yang mereka pribadi milki tetapi juga sejarah sains dunia.

Rencananya, pelelangan online untuk 22 item milik Profesor Hawking akan berlangsung  antara 31 Oktober dan 8 November.

By Nana Riyana

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close