News & InformationScience

Beberapa Daerah Dilanda Gempa, Tahukah Kamu Kenapa Bisa Terjadi ?

PalingBaru- Akhir-akhir ini beberapa daerah di Indonesia dilanda gempa dan ada juga yang kena tsunami. Belum selesai Lombok recovery setelah bertubi-tubi diserang Gempa, kemudian Palu diterjang Tsunami, tak lama kemudian  Situbondo. Beberapa hari yang lalu, tepat dua hari yang lalu (13/10) Manado diguncang gempa dengan kekuatan 5,6 SR, disusul esok harinya (14/10) Gempa dengan kekuatan 5,2 SR turut mengguncang Lebak, Banten. Setidaknya dalam satu bulan, 4 kali gempa terjadi di beberapa wilayah Indonesia.

Ilustrasi : Gempa Lombok dan Palu

Tahukah kamu faktor penyebab kenapa begitu sering terjadi gempa di Indonesia ? Dr Daryono kepala bidang informasi gempa bumi dan peringatan dini tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) seperti yang ditulis BBC News mengatakan, wilayah Indonesia itu sangat berpotensi terjadi gempa bumi karena posisinya yang berada di pertemuan tiga lempeng utama dunia, yaitu Eurasia, Indoaustralia dan Pasifik. Dari tumbukan ini terimplikasi adanya sekitar enam tumbukan lempeng aktif yang berpotensi memicu terjadinya gempa kuat.

Faktor lainnya adalah lokasi. Indonesia termasuk daerah Cincin Api Pasifik, yang merupakan wilayah yang rawan terjadi gempa. Terdapat lokasi ‘tapal kuda’ sepanjang 40.000 km dan Indonesia masuk pada wilayah tersebut yang sering mengalami gempa bumi dan letusan gunung berapi pada sekeliling cekungan Samudra Pasifik.

Jadi, kepulauan di Indonesia memang sangat rentan terjadinya gempa. Namun dari semua ini diharapkan kita mampu mempersiapkan diri dengan segala kemungkinan yang terjadi. Selain itu, penting kiranya menemukan inovasi, temuan baru dalam mengatasi bencana gempa di Indonesia, misalnya sistem monitoring gempa bumi, peringatan dini, penyebaran informasi gempa & tsunami pada seluruh lapisan masyarakat. Dan yang terpenting adalah, masyarakat diharapkan tidak terlalu kawatir dengan bencana gempa tapi faham situasi, sadar bencana dan memiliki kesiap-siagaan terhadapnya.

By. Nana Riyana

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close