Tidak sedikit orang yang masih menjalankan diet dengan tujuan untuk meraih berat badan yang diimpikan. Banyak juga orang-orang yang sudah beralih menjadi pengonsumsi makanan sehat dengan tujuan agar tubuh mereka sehat dan segar.

Sayangnya, banyak orang yang melakukan diet dengan salah bahkan hingga memaksakan dietnya terlalu berlebihan. Ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh orang-orang yang sedang diet.

Mengabaikan label

Banyak pelaku diet yang memilih untuk mengonsumsi roti gandum karena mengira makanan tersebut lebih rendah kalori dan sehat. Namun, mereka cenderung terlalu percaya dengan produk roti gandum dan mengabaikan bahan-bahan yang tercantum pada label. Padahal, belum tentu roti gandum terbuat dari 100% gandum. Bisa saja masih memiliki campuran gula dalam jumlah besar yang seharusnya dibatasi oleh pelaku diet.

‘Balas dendam’ saat akhir pekan

Ketika sudah melakukan diet dan pengaturan pola makan di hari kerja, banyak orang yang melakukan ‘balas dendam’ saat akhir pekan. Misalnya saat hangout dengan teman, mereka masih memesan makanan yang tidak sehat.

Makan makanan yang sama

Karena sudah merasa cocok dengan beberapa jenis makanan sehat, banyak orang lalu hanya makan makanan yang itu-itu saja. Padahal, diet bukan berarti membatasi jenis makanan. Tapi justru mengeksplorasi jenis makanan sehat sebanyak-banyaknya.

‘Balas dendam’ setelah berolahraga

Nah, ini nih yang paling sering dilakukan. Kebanyakan orang yang melakukan diet pasti berolahraga. Namun, tidak sedikit yang mengisi tenaga mereka usai berolahraga dengan makan terlalu banyak. Alasannya, karena tenaga mereka habis untuk olahraga, sehingga wajar jika mereka makan banyak.

Hanya makan protein dan sayur tanpa karbohidrat

Karbohidrat tidak terbatas hanya nasi, roti, dan umbi-umbian. Namun, banyak juga makanan, baik sayur maupun buah, yang mengandung karbohidrat. Bahkan, lebih tinggi dari karbohidrat yang kita kenal pada umumnya. Maka, melupakan karbohidrat dan hanya makan protein dan sayur atau buah bukanlah jalan yang tepat untuk diet. Bisa saja dalam sayur atau buah itu mengandung karbohidrat tinggi, kan.

Mengabaikan porsi makan

Banyak pula orang yang melupakan pengaturan porsi makan. Mereka hanya fokus pada makan protein, sayur, dan buah meskipun jumlahnya bahkan melebihi jumlah normal. Padahal, pengaturan porsi makan akan membantu mengatur berat badan kita menjadi sehat dan ideal.

Nah, sekarang kita sudah tahu kan kesalahan yang sering dilakukan saat berdiet. Jangan sampai salah lagi ya.

Apa Tanggapanmu?
  • Fascinated
  • Happy
  • Bored
  • Angry
  • Sad
  • Afraid

Apa Komentarmu ?

komentar