Hai PiBi! Buat kamu yang hobi traveling, biaya transportasi mungkin menjadi salah satu ganjalan terbesarnya. Apalagi untuk naik pesawat, pasti bakal mikir berkali-kali karena harganya.  Nah kamu juga sering mendengar mitos-mitos soal harga pesawat yang akan kamu beli secara online, bukan?

Seperti hari terbaik untuk membeli tiket, potongan harga pada menit terakhir, hingga teori konspirasi penggunaan cookie untuk menaikkan harga bagi penumpang mereka. Padahal tidak satu pun dari ketiga pernyataan itu sepenuhnya benar.

Studi telah menunjukkan bahwa harga bisa menjadi lebih tinggi atau lebih rendah pada hari apa pun dalam satu pekan, meskipun tidak ada yang tahu pada hari apakah itu. Harga yang ditawarkan sesungguhnya bisa turun kapan pun sebelum penerbangan, meski lebih mungkin naik daripada turun dalam beberapa minggu sebelum keberangkatan.

Ditambah lagi maskapai lebih memilih untuk menunggu penumpang bisnis pada menit terakhir yang kemungkinan akan membayar dengan tarif penuh ketimbang menjual kursi sebelum waktunya kepada penumpang yang perhitungan soal harga. Juga, maskapai tidak menggunakan cookie untuk memanipulasi harga, karena hal ini tampaknya di luar kemampuan mereka.

Yang perlu kamu tahu, perusahaan penerbangan tentunya menggunakan sistem pembiayaan yang kompleks dan canggih. Biaya penerbangan yang paling murah per penumpang yakni ketika pesawat penuh, sehingga maskapai memiliki insentif untuk menjual kursi sebanyak mungkin. Dan tentu saja tidak ada satu perusahaan pun yang mau memotong harga produk mereka lebih daripada yang harus dilakukannya.

Mudahnya, maskapai memiliki dua tujuan yang betolak belakang, yaitu memaksimalkan pendapatan dengan menebangkan pesawat dengan kursi terisi penuh, dan menjual kursi harga penuh sebanyak mungkin.

Kapan Sebaiknya Memesan Tiket?

Terlepas dari tujuan maskapai, PiBi pasti penasaran kapan sebaiknya membeli tiket untuk perjalanan berikutnya. Satu pertanyaan penting lainnya yakni dimana membeli tiketnya. Disini maskapai akan mendistribusikan daftar harga di situs mereka sendiri atau pada beberapa situs jual-beli tiket online.

Inilah yang membuat harga bisa berbeda, tergantung dimana kamu melihatnya. Sampai saat ini belum ada yang bisa menjelaskan fenomena ini. Kemungkinan berkaitan dengan kontrak antara maskapai dan situs jual-beli tiket online, yang menyiratkan bahwa beberapa situs berbeda mungkin tidak memiliki akses keseluruhan daftar harga yang dimiliki maskapai.

Untuk menjawab pertanyaan kapan saat yang tepat membeli tiket, ini dia tipsnya. Usahakan tidak berpergian saat peak season seperti libur Lebaran, Natal dan Tahun Baru. Bila kamu memang harus melakukannya sebaiknya jangan menunda pembelian tiket. 4-3 minggu sebelum keberangkatan usahakan kamu sudah memesannya. Karena kembali ke tujuan awal maskapai, yaitu menyediakan kursi bagi “penumpang bisnis” yang bersedia mengeluarkan uang lebih untuk membeli tiket mendekati jadwal penerbangan. Juga rajin-rajinlah mendapatkan daftar harga tebaik dari bebagai situs jual-beli tiket online.

Apa Tanggapanmu?
  • Fascinated
  • Happy
  • Bored
  • Angry
  • Sad
  • Afraid

Apa Komentarmu ?

komentar