HealthHow To

Begini Cara Mudah Mengingat Sesuatu Menurut Penelitian

Palingbaru – PiBi mungking sering lupa akan suatu hal, mulai dari membawa barang pesan teman atau membeli sesuatu saat sedang belanja. Lupa seringkali biasanya akan membuat kamu berada di situasi yang menyulitkan dan terkadang suka bikin panik.

Dilansir dari Science Alert, ada penelitian yang menunjukan bahwa dengan menggambar potensi seseorang untuk mengingat sesuatu akan lebih tinggi. Bahkan, bagi PiBi yang sudah lanjut usia, memulai kebiasaan menggambar untuk mengingat sesuatu dapat menurukan resiko alzheimer dan dementia yang seringkali dialami oleh manusia ketika mulai menua.

Bagi PiBi yang tidak dapat nilai bagus dalam kelas kesenian, tidak perlu khawatir dengan teknik mengingat satu ini. Berdasarkan tim penelitian di University of Waterloo di Kanada, kamu tidak perlu menggambar dengan “bagus”, doodling juga merupakan salah satu teknik yang bisa kamu gunakan untuk mengingat sesuatu.

Salah satu member tim penelitian, Melissa Meade, berdasarkan percobaan yang telah dilakukan, menggambar merupakan teknik paling efektif untuk meningkatkan daya ingat seseorang yang telah lanjut usia jiak dibandingan dengan teknik studi lainnya. Ia bersama timnya juga berharap teknik ini dapat menjadi solusi bagi para pengidap dementia. Karena orang tua yang mengidap dementia biasanya mengalami difungsi pada pemahan bahasa dan memori yang abstrak.

Dalam penelitian untuk membuktikan bahwa menggambar adalah solusi untuk mempermudah orang dalam mengingat, dikumpulkan 48 partisipan dengan rata-rata usia 20 hingga 80 tahun. Para penelitian memberikan serangkaian latihan pada partisipan. Dengan menunjukan beberapa kata dalam bentuk tulisan, dan beberapa objek gambar.

Setelah selang beberapa waktu, peneliti meminta para partisipan untuk menyebutkan kata maupun gambar yang mereka ingat. Dari penelitian ini, didapatkan kesimpulan bahwa partisipan lebih banyak mengingat objek yang digambar daripada kata yang hanya dalam berubah tulisan.

Metode ini bisa PiBi gunakan untuk melatih daya ingat anak dengan metode belajar yang memanfaatkan media visual. Kamu juga bisa menggunakan teknik doodling atau menggambar dalam buku catatan jika ingin mengingat sesuatu yang penting.

by Bernadetta Yucki

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close