AppsHow ToInspiration

Begini Cara Untuk Mengamankan Data Privasimu di Ponsel Pintar

Palingbaru – Berbagai perusahaan teknologi telah terpukul dengan pemberitaan tentang kurangnya mereka dalam perlindungan informasi pribadi pelanggan. Misalnya New York Times pernah membuat berita mendalam soal kemampuan ponsel pintar dalam pelacakan lokasi penggunanya.

Beberapa perusahaan, terutama Apple, telah mulai mempromosikan fakta bahwa mereka menjual produk dan layanan yang melindungi privasi pelanggan.

Para pengguna ponsel pintar sendiri tidak pernah meminta secara eksplisit jika mereka ingin dilacak di setiap waktu. Tetapi perusahaan seluler, pembuat ponsel pintar, pengembang aplikasi dan media sosial mengklaim bajwa mereka memiliki izin pengguna untuk melakukan pengamatan secara personal.

Masalah pokoknya adalah kebanyakan orang tidak paham betapa pelacakan itu benar-benar bekerja. Sementara perusahaan teknologi tidak mengajarkan pelanggan mereka tentang pelacakan ini.

Faktanya, perusahaan itu secara sengaja menyembunyikan rincian penting itu, untuk membangun ekonomi data multi-miliar dolar dengan dalih bahwa data itu sudah mendapat persetujuan secara etis dari penggunanya.

Sebagaimanya disebut Science Alert, pemerintah AS akhirnya membuat regulasi tentang privasini, yang mengharuskan perushaan agar meminta persetujuan pelanggannya secara eksplisit.

Setiap individu mesti mengetahui bagaimana ponsel pintar mereka bisa melindungi privasinya.

Adapun langkah alternatifnya, para pengguna bisa memulai dengan mengetahui bagaimana cara mematikan layanan lokasi pada peraghakat yang digunakan.

Selanjutnya, hidupkan pelacakan lokasi itu jika hanya sedang menggunakan aplikasi yang membutuhkan informasi lokasi, seperti pada penggunaan maps.

Selain itu, hindarilah aplikasi seperti Facebook Mobile, yang menggali informasi pribadi secara dalam ke ponsel pintar. Sebaliknya, gunakanlah peramban dengan mode privat seperti Firefox.

Terakhir, jangan biarkan pengaturan mengungkap informasi tentangmu lebih dari apa yang kamu mau.

by Abdul Hamid

 

 

 

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close