News & InformationScienceSpace

Beginilah Bentuk Matahari Saat Ia Sudah Mati

Palingbaru – Saat ini matahari masih punya bahan bakar untuk membuatnya hidup dan menghidupi kita. Namun, matahari tidak bisa hidup selamanya. Para ilmuwan telah memperkirakan bahwa bahan bakar matahari akan menyusut dari waktu ke waktu.

Lantas, bagaimana bentuk matahari bila ia tidak lagi memancarkan cahaya?

Sebagaimana keterangan dari Science Alert, matahari akan menjadi batu kristal raksasa yang mengantung di langit ketika peleburan sudah menghilang secara perlahan, dan tungku dalam tubuhnya sudah tidak panas lagi.

Para astronom telah menemukan bukti dari keberadaan bintang kerdil berwarna putih dengan ukuran yang besar telah membeku menjadi kristal logam lebih awal dari perkiraan kematiannya.

Bukti itu didukung oleh data dari satelit Gaia milik Bandan Antariksa Eropa, para peneliti dari Inggris, Kanada, dan Amerika Serikat.

Data itu menyebutkan tahap-tahap yang dilalui banyak bintang sebelum mereka semua berubah menjadi kristal.

Informasi ini merupakan bukti pertama yang secara langsung soal transisi dari cairan ke zat padat.

Kristalisasi pada bintang-bintang yang ditemukan itu diprediksi sudah terjadi sejak 50 tahun lalu. Namun baru-baru ini beberapa astronom yang mulai mengamatinya.

Pada prosesnya, bintang itu akan menjadi kristal ketika hidrogen mulai menipis. Kemudian mata hari seperti yang dimiliki bumi itu mulai menjadi dingin dan berkontraksi.

Pada proses ini, matahari mengeluarkan gelombang energi yang sangat besar tetapi dengan waktu yang singkat.

Kemudian inti dari matahari itu akan terus menyusut, membuat helium menjadi unsur yang lebih berat seperti karbon dan oksigen.

Setelah proses itu dilalui, matahari akan menjadi seperti bola seukuran bumi yang sangat padat dengan inti tubuhnya yang berbobot sekitar 10 ton. Matahari yang mati ini disebut juga sebagai kurcaci hitam.

by Bernadetta Yucki

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close