News & InformationScience

Beginilah Cara Mesin Mempelajari Bahasa Manusia

Palingbaru – Halo sahabat Pibi, kamu pasti pernah menggunakan suara buat memasukkan entri pencarian di Google. Nah, sempat ga kamu kepikiran, kok bisa yah hp kamu itu menulis apa yang disuarakan?

Kamu mesti tau, itu karena mesin hp kamu sudah pandai menangkap bahasa manusia. Hari-hari ke depan, mungkin akan banyak lagi perangkat yang lebih canggih. Latas, bagaimana mesin mempelajari bahasa manusia? Berikut ulasannya.

Dikutip dari Techxplore bahwa mesin belajar bahasa manusia seperti anak-anak. Bedanya, komputer lebih teliti saat mengamati apa yang dikatakan manusia. Dalam bahasa komputer, pembelajaran bahasa ini dikenal sebagai sistem sintaksis dan semantik parser.

Parser dikenal juga sebagai alat untuk mendeteksi kesalahan sintaksis pada program komputer. Sistem ini sangat penting untuk aktivitas pencarian di internet dan sistem pengenalan suara seperti yang ada pada Alexa dan Siri.

Sistem tersebut dilatih dengan kalimat yang mengandung struktur dan makna. Kemudian mesin melakukan pengumpulan data dari kalimat-kalimat yang dipelajarinya tersebut.

Namun, pengumpulan data ini cukup memakan waktu dan sulit untuk bahasa-bahasa yang tidak umum. Sehingga menurut para peneliti Masachussett Institute of Technology (MIT) parser menggunakan metode pemebelajaran lain, yakni observasi.

Kegiatan pengamatan ini persis seperti yang dilakukan anak-anak saat mereka mempelajari bahasa. Mereka mengamati lingkungannya, kemudian mencoba mencari inti pembicaraan orang-orang orang berbicara di hadapannya tersebut.

Sementara mesin melakukan observasi itu  secara lebih teliti. Cara seperti ini sangat membantu dalam perkembangan kemampuan parser dalam memahami bahasa.

Hal yang diamati parser ialah video yang ber-caption. Kemudian mesin ini akan mengaitkan kata-kata yang merekam berbagai objek itu dengan tindakan-tindakan pada video tersebut.

Di masa depan nanti, parser akan digunakan untuk meningkatkan interaksi alami antara manusia dan robot. Satu robot yang dilengkapi dengan parser akan selalu mengamati lingkungannya, untuk meningkatkan pemahamannya pada perintah lisan yang kadang tidak mengandung gramatikal bahasa yang benar.

By Abdul Hamid

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close