HealthInspiration

Berikut 5 Obat-Obatan yang Paling Membuat Kecanduan

Palingbaru – Sahabat Pibi pasti udah tau soal obat-obatan yang disalahgunakan. Tapi, taukah kamu soal skala kecanduan yang dibuat obat-obatan itu?

Para ahli obat-obatan menggolongkan 5 zat berdasarkan tingkat kecanduannya, sebagaimana dikutip dari Science Alert.

Pertama, heroin. Zat ini ditempatkan sebagai yang paling mendorong pada kecanduan karena obat ini bisa meningkatkan level dopamin di otak hingga 200 persen dalam percobaan pada hewan. Selain sangat adiktif, heroin dinilai sebagai yang amat berbahaya lantaran bisa menyebabkan kematian.

Kedua, kokain. Obat ini secara langsung bisa mengganggu pemakaian otak pada dopamin untuk mengirimkan pesan dari satu neuron ke neuron lain. Dalam percobaan pada hewan, kokain menyebabkan naiknya tingkat dopamin tiga kali lebih banyak dari kondisi yang normal. Di sisi lain, kokain didapuk sebagai obat-obatan yang berbahaya di ranking tiga.

Ketiga, nikotin. Yap, zat ini merupakan bahan adiktif utama dalam rokok, yang diserap secara cepat oleh paru-paru dan dikirim ke otak.Nikotin ini bisa menyebabkan peningkatan level dopamin di otak dari 25-40 persen.

Keempat, barbiturat atau obat bius tidur. Obat ini utamanya digunakan untuk mengobati rasa gelisah dan untuk membuat orang bisa tidur. Obat ini bisa mengganggu sinyal kimiawi dalam otak, hal ini terjadi karena barbiturat dapat mematikan beberapa bagian otak. Pada dosis yang rendah, zat ini bisa membuat euforia tapi, pada dosis yang tinggi dapat menjadi obat yang mematikan karena zat ini bisa menekan pernapasan.

Kelima, alkohol. Zat ini masuk ranking ke 1.9 dari skala 3 dalam penggolongan zat yang adiktif. Alkohol dapat mendatangkan banyak pengaruh pada otak. Pada percobaan pada hewan, alkohol ini dapat meningkatkan dopamin dalam otak 40-360 persen dengan catatan, semakin banyak alkohol yang dikonsumsi hewan itu, maka semakin tinggi pula peningkatan dopamin pada otaknya.

by Abdul Hamid

 

 

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close