Kamu tahu nggak sih PiBi, kalau polusi udara indoor adalah ancaman paling berbahaya untuk kesehatan kita? Iya, benar kok. Data itu data dari World Health Organization (WHO).

Udara dalam ruangan atau rumah kita memiliki ancaman berbahaya, yaitu Volatile Organic COmponds (VOC) yang meliputi benzene, xilena, amoniak, formaldehida, karbon monoksida, nitrogen dioksida, dan PM (Particulate Matter) 2.5.

Udara indoor juga tercemar 5 kali lebih parah daripada udara outdoor, lho. Waduh, padahal kan kita menghabiskan 90 persen waktu kita di dalam ruangan ya. Entah itu di rumah, di ruang kelas, maupun di kantor.

Perusahaan teknologi Clairy mengembangkan sebuah alat bernama NATEDE yang mampu mempurifikasi udara indoor menggunakan inovasi teknologi terbaru. NATEDE memiliki sensor canggih yang terhubung pada filter fotokatalitik. Filter ini bisa mengeliminasi 93% VOC, 99% bakteri, virus, partikel halus, dan menghilangkan bau tidak sedap.

Cara kerjanya, filter fotokatalitik ini harus dikombinasikan dengan tumbuhan, PiBi. Kalo nama ilmiahnya sih kegiatan ini disebut sebagai fitoremediasi. Yaitu menggunakan tumbuhan untuk membersihkan racun di udara.

Metode fitoremediasi sudah dipelajari dan dipraktikkan oleh NASA sejak 1989. Penelitian itu memang terbukti bahwa tumbuhan bisa membantu menetralkan efek sick building syndrome. Sick building syndrome adalah rasa sakit kepala atau masalah pernapasan yang dirasakan oleh pekerja indoor. Rasa sakit itu disebabkan oleh faktor lingkungan kantor yang tidak sehat, misalnya ventilasi udara yang kurang. Jadi, memang penting banget lho membersihkan udara indoor itu.

Tumbuhan bisa mendegradasi polutan menggunakan aktivitas enzim spesifik yang dimilikinya atau menggunakan mikroorganisme. Selain itu, tumbuhan juga bisa melumpuhkan polutan di akar.

Tumbuhan apa saja sih yang bisa digunakan dengan NATEDE? Antara lain adalah Flamingo Lily, Snake Plant, Peace Lily, Chinese Evergreen, Aloe Vera, Pigmy Date Palm, Dracaena, Boston Fern, Weeping Fig, Chamaedorea, Devil’s Ivy, dan Spider Plant.

Nah kalau sudah difiltrasi, kita tetap tidak tahu dong apakah udara ini sudah benar-benar bersih atau belum? Jangan khawatir, karena NATEDE terintegrasi dengan smart home device yang bisa diakses di gadget untuk memeriksa kondisi udara di ruangan tersebut. Kita juga bisa mengetahui perhitungan utuh dari kandungan masing-masing elemen di udara.

NATEDE juga memiliki monitor dan sensor yang bisa mengukur suhu udara, kelembaban, serta kandungan polutan VOC, partikel halus, dan karbon monoksida.

Canggih ya, PiBi.

Apa Tanggapanmu?
  • Fascinated
  • Happy
  • Bored
  • Angry
  • Sad
  • Afraid

Apa Komentarmu ?

komentar