Badak Putih Utara jantan terakhir di dunia bernama Sudan, terpaksa kalah dari penyakit degeneratif yang dimilikinya. Sudan mati di Kenya pada Selasa (20/3) kemarin.

Kematian Sudan ini disebut sebagai tanda bahwa aktivitas manusia yang tidak baik bisa menyebabkan kepunahan besar di dunia, PiBi. Kematian Sudan di usia 45 tahun itu juga berarti subspesies ini hanya menyisakan 2 individu betina, yaitu anak perempuan dan cucu perempuan Sudan.

Dilansir dari The Guardian, dengan kematian Sudan, bisa dipastikan bahwa sedang terjadi krisis kepunahan besar di dunia saat ini. Kematian individu spesies hanyalah bagian kecil dari krisis kepunahan dunia.

Sejak 1970, populasi hewan vertebrata sudah berkurang sebanyak separuhnya lho, PiBi. sebanyak 10.000 spesies juga terancam punah setiap tahunnya. Maka dari itu, kita juga harus berusaha ikut andil untuk konservasi hewan ya, PiBi.

Kematian Sudan itu menjadi pukulan berat bagi publik. Terutama generasi muda Kenya yang sangat marah dengan kematian Sudan.

Direktur Wildlife Direct Charity, Paula Kahumbu mengingatkan masyarakat untuk bersama-sama bergerak dan beraksi untuk mencegah kepunahan makhluk hidup di dunia. Terutama spesies hewan yang terancam, yaitu cheetah, gajah, badak hitam, dan jerapah.

Dengan kematian Sudan sebagai Badak Putih Utara jantan terakhir, tim konservasi alam liar dan para ahli berusaha untuk mempertahankan keberadaan subspesies tersebut. Sayangnya, Badak Putih Utara tidak bisa kawin dengan Badak Hitam. Namun, masih ada kemungkinan untuk bisa berkembang biak dengan Badak Putih Selatan yang masih tersisa 19 individu.

Meskipun keturunan lintas subspesies itu tidak akan 100% menjadi Badak Putih Utara, namun tentu itu lebih baik daripada membiarkannya punah. Iya kan?

Alternatif lain yang dilakukan adalah mencari kemungkinan teknik reproduksi dengan fertilisasi in vitro.

Saat ini, manusia dan pembangunan yang dilakukan semakin memakan sumber daya bumi dan lahan yang ada. Tanpa kita sadari, hal itu menjadi ancaman bagi spesies makhluk hidup dan akan menjadi ancaman bagi manusia pula.

Wah, kita harus ikut beraksi untuk konservasi makhluk hidup di bumi, PiBi. Kita lakukan mulai sekarang yuk, sebelum terlambat.

Apa Tanggapanmu?
  • Fascinated
  • Happy
  • Bored
  • Angry
  • Sad
  • Afraid

Apa Komentarmu ?

komentar