News & InformationScience

Black Box : Kotak Oranye yang Paling Dicari dari Jatuhnya Pesawat

Sahabat Pibi, Tahukah kamu setika musibah pesawat jatuh terjadi, selain korban, hal yang paling penting dicari adalah Black Box dari pesawat tersebut.

Yup,… Blackbox sangat penting untuk segera ditemukan, karena didalamnya terdapat kumpulan perangkat perekam data penerbangan (flight data recorder; FDR) dan perekam suara kokpit (cockpit voice recorder; CVR) dalam pesawat terbang.

Kotak ini mampu memberikan informasi penyebab jatuhnya pesawat. Kemampuan Black Box sendiri adalah merekam arah, kecepatan, dan ketinggian pesawat. Kemudian, Black Box turut membantu merkontruksi kejadian penyebab terjadinya kecelakaan.

Black Box memiliki kamampuan untuk merekam secara detail percakapan di dalam kokpit dan komunikasi pilot ke Air Traffic Controller (ATC). Black Box terletak di ekor pesawat. Alat ini dirancang secaa khusus untuk tahan api, benturan dan tekanan air apabila tenggelam.

Menariknya, Black Box memiliki warna oranye, jelas jauh berbeda dengan namanya (kotak hitam). Penggunaan warna oranye sendiri bukan tanpa alasan, ini merupakan standar yang telah ditetapkan International Civil Association Organization (ICAO). Dengan menggunakan warna oranye, Black Box akan mudah ditemukan.

Black Box, memiliki tiga bagian. Bagian pertama, berbentuk kotak yang menghubungkan blackbox dengan suara yang direkam. Bagian kedua, merupakan alat perekam berupa kaset, CD, ataupun chip. Sedangkan bagian ketiga, adalah Underwater Locator Beacon (ULB) yang berbentuk bundar. Bagian ini mampu dilacak sinyalnya apabila tenggelam dalam air.

Nah,… Bagaimana, sudah tahukan betapa pentingnya informasi dalam blackbox, sehingga paling sering dibicarakan dan dicari paska kecelakaan pesawat terjadi.

By Nana Riyana 

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close