MusicNews & Information

Bottlesmoker Terkenal di Luar Negeri, Tak Populer di Indonesia

Namanya Bottlesmoker. Ini adalah grup band Instrumental dari Bandung, beraliran Electro Pop. Band ini cukup terkenal di Luar negeri, sebut saja Malaysia, Singapura hingga Korea Selatan pernah mengundangnya untuk tampil. Tapi, band ini tidak begitu populer di Indonesia.

Ada dua orang yang menggawangi band ini, Angkuy dan Nobie. Mereka berdua, menciptakan instrumental menggunakan perangkat lunak bernama Fruity Loop.

Alat musik yang digunakan cukup aneh, toy key board (Keyboard mainan anak anak), ditambah suara drum dari laptop, serta pengontrol suara instrumen yang berisi suara apa pun. Suara yang dihasilkan dari midi dan sequencer.

Mungkin karena alat musik yang dimainkan bukan alat kebanyakan, sehingga mereka tak popular di dalam negeri atau karena kurang promosi, entahlah. Yang jelas, band ini sangat berprestasi di dunia musik internasional.

Bayangkan, tahun 2010 Bottlesmoker diminta mengisi Asian Festival, di Filipina. Pada tahun yang sama, mendapatkan dua penghargaan melalui ajang AVIMA (Asia Pasific Voice Independent Music Awards) dengan menyabet juara Best Electro Dance.

Tahun-tahun berikutnya Bottlesmoker terus menanjak, tampil di beberapa acara di luar negeri seperti, Laneway Festival Singapura, Zandari Festa Korea Selatan, dan Transmusicales Prancis. Juli lalu, Bottlesmoker kembali mengharumkan nama Indonesia dengan tampil di Play Time Festival Mongolia. Festival ini adalah salah satu festival musik terbesar di Dunia.

Awalnya, Angkuy dan Nobie menemukan aliran musik Bottlesmoker saat menggunakan glockenspiel rainbow yang mirip xilofon dan handbell atau bel tangan untuk memperkaya musik yang diproduksinya.

Setelah itu, tahun 2006 mereka mempublikasikan karyanya melalui lewat My Space. Tak lama kemudian mendapatkan tawaran dari netlabel Spanyol yang bernama “Neo Vinyl Records”, disanalah mereka membuat album  dengan materi lagu yang pernah diunggah pada MySpace. Dari sinilah, lagu-lagu Bottlesmoker mulai dikenal dunia.

Tahun 2009 silam, Bottlesmoker mengawali karier bermusik dengan melakukan tur pertama mereka di beberapa Kota di Malaysia. Angkuy dan Nobie, sempat  menyimpan kesedihan karena bukan Indonesia yang menjadi negara pertama dalam menjalani tur konser mereka.

Namun, kini mereka patut berbangga akan perstasi yang diukir, karena musiknya sudah diakui tingkat International.

By Nana Riyana

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close