Kalau kita sedang penasaran dengan arti suatu kata atau istilah, biasanya kita mencarinya lewat situs pencarian Google, kan? Nah, biasanya hasil pencarian teratas akan menampilkan laman dari website Wikipedia. Benar, nggak?

Wikipedia menyediakan penjelasan singkat dan detil mengenai berbagai hal dalam berbagai bahasa. Pengguna juga bisa mengedit informasi yang muncul di website itu agar tidak terjadi salah tafsir atau hoax.

Seringkali nih kalau kita sedang membaca sebuah laman di Wikipedia, kita akan penasaran dengan makna suatu istilah lain yang muncul di laman tersebut. Biasanya, istilah itu muncul dengan warna biru yang bisa kita klik untuk mengarahkan ke laman penjelasan yang lain.

Alhasil, kita sering terlalu banyak mengklik dan mengunjungi beberapa laman lain karena penasaran. Padahal, ternyata laman yang kita kunjungi itu nggak penting-penting banget. Hiks, sedih ya.

Untuk itu, Wikipedia baru saja meluncurkan fitur bernama page preview. Page preview ini untuk menampilkan cuplikan dari suatu istilah sulit yang berwarna biru karena tersambung dengan link penjelasan istilah itu.

Jadi ketika kita menyorot istilah terkoneksi link dengan kursor, page preview akan muncul untuk menampilkan gambar dan cuplikan penjelasan mengenai istilah atau kata tersebut. Dengan page preview, kita bisa membaca penjelasan sekilas. Apabila penjelasan itu sudah cukup, kita tidak perlu lagi mengklik link. Tapi jika penjelasan itu belum cukup, kita tetap bisa mengunjungi laman dengan mengklik linknya.

Page preview akan hilang ketika kursor kita menjauh dari kata atau istilah yang terkoneksi dengan link. Jadi, kita tidak perlu terjebak dengan banyaknya laman yang kita kunjungi.

Wikimedia Foundation sudah cukup lama mengembangkan fitur ini dan menemukan bahwa para pengguna menyukai fitur terbaru ini. Karena memang kan kalau kita mengunjungi Wikipedia kita suka sekali tertarik untuk membaca penjelasan istilah lain yang ada di laman itu.

Sehingga, page preview berupa pop up itu juga cukup disukai oleh para pengguna yang mengakses laman Wikipedia. Termasuk kamu nggak nih, PiBi?

Apa Tanggapanmu?
  • Fascinated
  • Happy
  • Bored
  • Angry
  • Sad
  • Afraid

Apa Komentarmu ?

komentar