News & InformationScience

Bumi Akan Bergantung Pada Hutan ke Lima Negara Ini

Palingbaru – Sahabat Pibi, hari ini kamu mungkin bisa merasakan bagaimana lingkungan sekitarmu sudah berubah. Dari yang dulunya daerah dengan pepohonan yang lebat, sekarang menjadi ramai hunian, industri, bahkan tempat hiburan.

Kondisi tersebut tidak hanya terjadi di tempatmu, tetapi juga di hampir seluruh belahan dunia. Ya, sebagian hutan belantara di bumi ini sudah banyak terjamah oleh manusia.

Kamu tau ? alam liar yang tersisa di bumi ini terletak di lima negara. Hal ini berdasarkan hasil penelitian dari Universitas Queensland dan Wildlife Conservation Society (WCS). Mereka membuat peta global mengenai penyusutan hutan ini.

Penelitian ini menyoroti daratan dan lautan bumi (tidak termasuk Antartika dan lautan yang luas), yang hasilnya menyatakan, lebih dari 77 persen daratan dan 87 persen lautan bumi telah berubah akibat aktivitas manusia. Sehingga daratan yang belum terjamah tinggal 23 persen saja.

Penelitian ini juga mengungkapkan, ada 20 negara yang bertanggung jawab pada 94 persen hutan liar. Lima di antaranya yang paling punya peran adalah Russia, Kanada, Australia, Amerika Serikat, dan Brazil.

Kelebatan hutan ini penting untuk dijaga, bukan hanya untuk melindungi hewan-hewan dan segala jenis tanaman, tetapi juga menyimpan karbon dalam jumlah yang besar.

Cadangan karbon tersebut berperan penting untuk menghalau perubahan iklim maupun dampak dari kegiatan manusia lainnya.

Wakil Presiden Eksekutif Global Conservation mengungkapkan, alam liar ini akan dilindungi secara global, apabila kelima negara tersebut mau berperan sebagai pemimpinnya.

Caranya adalah dengan mengurangi proyek infrastruktur, pengurangan pertambangan berskala besar, dan menjaga kelestarian hutan. Tampaknya, kelima negara ini akan menjadi aktor utama buat masa depan bumi kita dan kita akan bergantung pada mereka.

By Abdul Hamid

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close