Hai PiBi, siapa sih yang bisa nolak kalau diajak wisata kuliner? Semua orang pasti suka makan, meskipun tetap beralasan “sedang diet”. Lalu jenis makanan seperti apa yang kamu suka? Western, oriental, tradisional, atau japanese  food? Apapun jenis makanan yang kamu suka, asalkan dimakan bersama orang terkasih akan terasa nikmat.

Lalu bagaimana jadinya jika makanan dipadukan dengan teknologi. Jepang sebagai salah satu negara termaju di dunia telah mempraktekannya. Kali ini Jepang membuat makanan bukan dengan dimasak namun melalui proses printing.

Baru-baru ini Jepang berhasil berinovasi dengan membuat printer canggih, bukan untuk kertas namun untuk makanan. Dan hebatnya printer ini merupakan printer 3D. Sehingga makanan yang dihasilkan juga bisa kamu pegang dan kamu makan.

Open Meals merupakan perusahaan dibalik ide hebat tersebut. Dalam perayaan SXSW (sebuah event internasional yang mengumpulkan berbagai industri kreatif baik dari segi teknologi, film, hingga musik) yang berlangsung di Texas 9-18 Maret 2018, untuk pertama kalinya Open Meals memamerkan karya printer 3D yang diberi nama Pixel Food Printer.

Nah untuk makanan apa saja yang mampu “dimasak” oleh printer ini, sushi adalah pilihannya. Dalam pameran tersebut pengunjung dapat langsung melihat proses pembuatan sushi berbentuk 3D yang terlihat seperti sebuah pixel makanan yang terlihat seperti dalam video game 8 bit.

Ide luar biasa ini diakui terinspirasi dari Apple yang mampu mengunggah apa saja seperti musik pada iTunes. Sedangkan Open Meals membuat aplikasi bernama “Food Base” untuk membuat juga mengunduh makanan yang diinginkan. Melalui Food Base, pengguna dapat menentukan rasa, tekstur, komposisi, hingga nutrisi yang diinginkan.

Setelah bahan makanan diracik melalui Food Base, barulah kemudian bahan tersebut dimasak melalui Pixel Food Printer. Sebuah robot printer yang mampu melakukan “teleportasi” makanan yang kita unduh tersebut.

Soal rasa? Beberapa orang yang telah mencicipinya, rasanya tidak terlalu baik namun juga tidak buruk. Mungkin karena kehebatan alat canggih ini yang mampu mentolerir rasanya. Wah bisa-bisa para koki akan terancam pekerjaannya karena robot ini yah PiBi.

Apa Tanggapanmu?
  • Fascinated
  • Happy
  • Bored
  • Angry
  • Sad
  • Afraid

Apa Komentarmu ?

komentar