Uncategorized

Canon EOS 80D, DSLR dengan Autofokus yang Super Cepat

Canon EOS 80D adalah penerus Canon EOS 70D untuk kategori enthusiast-level dengan sistem on-sensor autofocus yang cepat. Seperti di seri sebelumnya, Canon kali ini juga menjalin kerja sama dengan perusahaan yang mengembangkan sistem tersebut, Pixel CMOS.

Hasilnya adalah sebuah kamera bersensor ganda yang memungkinkan pengguna merasakan sensasi mengambil gambar dengan sistem autofocus super cepat. Kemampuan ini sangat cocok untuk yang suka mendokumentasikan momen spontan.

Sudah bukan rahasia lagi kalau pemakai DSLR Canon sering frustrasi terhadap sistem sensor kamera tersebut. Apalagi teknologi sensor kamera Sony akhir-akhir ini menjadi juara dari segi jangkauan dinamika. Beruntunglah Canon cepat menyadari ketertinggalannya. 80D menandai awal pengembangan sensor DSLR Canon.  80D menawarkan jangkauan dinamika (DR) yang jauh lebih baik dari pendahulunya, 70D atau 7D Mark II.  

Autofocus Canon EOS 80D

Sepeti dikutip dari situs dpreview.com, perubahan lain yang dilakukan Canon adalah mirror vibration control system. Fungsinya adalah membantu mengurangi efek blur dari shutter. Sensor ini memberikan beberapa persen peningkatan kesadaran pada kamera untuk melacak sebuah objek. Akan tetapi, tidak seperti 7D Mark II, EOS 80D tidak memiliki sistem Intelligent Tracking and Recognition (ITR) yang menggunakan metering system yang dapat memprediksi jarak menggunakan sensor suara.

Dari tampilan luar, Canon EOS 80D sudah dilengkapi dengan lapisan luar polikarbonat dan sasis magnesium alloy yang memungkinkan body kamera tahan terhadap debu dan kelembaban, hampir sama dengan pendahulunya. Canon EOS 80D juga dilengkapi akses layar sentuh di hampir setiap kontrol, fisik maupun non fisik.

Fitur Canon EOS 80D:

  • 24MP APS-C CMOS sensor dengan Dual Pixel AF
  • Sistem 45-point AF  dengan all cross-type points
  • Layar sentuh dengan artikulasi 3″ 1.04M-dot
  • 1080/60p video capture
  • 7 fps continuous shooting dengan AF
  • Body tahan cuaca dan suhu
  • 7560-pixel RGB+IR Metering Sensor
  • Wi-Fi + NFC

Cnet menambahkan, 80D mampu menghasilkan foto yang sangat baik selama kamu dapat mengambil gambar secara manual dengan baik pula dan mengubah banyak pengaturan format gambar. Penyebabnya adalah white balance otomatis dari Canon EOS 80D tidak cukup baik. Warna yang dihasilkan kurang akurat dan pada titik cahaya yang rendah pegeseran warnanya semakin menjauh.

Zone AF dan Picture Style Canon EOS 80D

Secara keseluruhan memang EOS 80D lebih baik ketimbang EOS 70D. 80D memiliki resolusi yang sedikit lebih tinggi sehingga gambar yang dihasilkan juga lebih halus. Ini memungkinkan 80D lebih sensitif dalam urusan ISO, meskipun memiliki auto-white balance yang kurang akurat dibanding sang pendahulu.

Perbandingan Hasil Gambar dengan Canon EOS 70D (sumber: dpreview)

(ST/RF/FM)

Baca Juga: 

DSLR Pro Baru Dari Canon Seri EOS-1D X Mark II dengan Fitur yang Luar Biasa, Semakin Mendukung Aktifitasmu di Dunia Fotografi

Akhirnya Canon Hadirkan Ke Indonesia, 2 Kamera Digital Saku yang Cocok Untukmu Para Wanita yang Hobi Berfoto!

Fujifilm X-Pro2, Kamera Baru Untukmu yang Mengaku Photografer Profesional

Kamera Baru HX80 Sony ini Akan Membantumu Mendapatkan Moment yang Singkat Dengan Waktu yang Cepat, Serta Harganya Sangat Menarik!

Ini dia 7 Fitur Lengkap OPPO Paling Baru, OPPO F1 Plus Selfie Expert!

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close