How ToScience

Cara Agar Terhindar Dari Trauma Matematika

Palingbaru – Sahabat Pibi pastinya udah tau soal Trauma Matematika dan gimana pentingnya peran orang tua dan guru buat ngebantu anak atau muridnya terhindar dari mental ini.

Sebagaimana dikutip dari Science Alert, pertama-tama orang tua dan guru mesti menemukan kebingungan dan kesukaan si anak.

Cara membuat suasana yang menyenangkan ini misalnya dengan menghadirkan permainan dalam pelajaran matematika. Game seperti Sudoku, KenKen atau permainan kartu tertentu, bisa dijadikan stimulus untuk belajar matematika .

Selain itu, mintalah anak untuk menerangkan pemahamannya dengan menggunakan kata, gambat, atau objek tertentu sebagai bentuk pembenaran dari pentingnya ide mereka.

Membiarkan anak untuk menerangkan apa yang ia pahami dapat juga membantunya paham apa yang ia sudah tahu dan hal apa saja yang mesti ia pelajari nanti.

Pertanyaan tentang bagaimana cara seorang anak mendapat jawaban juga dapat memberi tahu dia tentang cara mana yang bisa digunkan dan yang tidak bisa digunakan.

Kedua, jangan takuti anak. Ini adalah langkah yang penting untuk mendorong anak pada kemampuan matematika yang lebih baik. Ketima anak kerap mendapat nilai metematika yang selalu jeblok, jangan katakan bahwa ia tidak berbakat pada bidang tersebut.

Karena ungkapan orang tua dan guru bisa membawa efek negatif kepada anak, ia akan merasa rendah di hadapan matemartika. Selain itu, anak akan menderita saat mempelajari subjek ini.

Mestinya, standar penilaian guru pada anak dalam pelajaran matematika tidak lagi mengutamakan kecepatan dan ketepatan, akan tetapi menilai dari pengetahuannya yang mendalam dari cara ia memecahkan masalah dalam soal matematika yang ia jawab.

by Abdul Hamid

 

 

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close