HealthHow To

Cara Atasi Mata Lelah Akibat Terlalu Lama di Depan Layar Komputer

Palingbaru- Bekerja di depan layar laptop maupun komputer ataupun beraktivitas dengan gadget dalam waktu lama, kini seperti jadi budaya kerja bagi masyarakat di era digital.

Rasanya sulit untuk sehari saja tidak bersua dengan mereka. Tapi tahukah kamu, menghabiskan waktu seharian bekerja di depan layar digital ternyata berakibat buruk bagi kesehatan mata.

Antara lain, rentan mengalami kelelahan, dalam waktu tertentu penglihatan jadi kabur, sakit mata ataupun mata merah. Kalau sudah begini, lalu apa yang harus dilakukan untuk mengatasinya.

Nah, jangan kawatir, paling baru kali ini menurunkan tipsnnya buat kamu sekalian.

Ambil jeda, sejenak istirahatkan mata

Anda perlu mengatur waktu di depan layar, misalnya mengambil jeda dan mengistirahatkan mata selama beberapa menit. Jangan paksakan mata Anda menatap layar komputer sepanjang hari. Kalau perlu tutup mata sejenak. Atau jika memakai kaca mata, lepas sejenak. Bersantai dan tarik napas dalam-dalam. Itu penting agar mata Anda benar-benar istirahat.

Dan yang tak kalah penting, ketika kamu kembali ke rumah sepulang dari tempat bekerja, usahakan untuk tidak langsung beraktivitas dengan laptop semisal membuka email, ataupun melihat ponsel bahkan membaca majalah ataupun koran. Biarkan mata Anda benar-benar istirahat selama sekitar 1 jam.

Memijat mata dan sering berkedip

Saat kita bekerja di depan layar komputer, otot dahi kita akan menjadi tegang. Mata juga terasa lelah atau kering. Untuk mengatasinya, cobalah luangkan beberapa menit untuk melakukan pijatan kecil pada mata.

Caranya, dengan menutup ke dua mata kemudian tempatkan tengah telapak tangan di depannya. Sembari memijat mata, tariklah nafas dalam-dalam agar pikiran menjadi lebih tenang.

Selain itu, berkedip juga ternyata penting bagi kesehatan mata. Ketika tengah sibuk bekerja menatap layar komputer, intensitas kedipan mata jadi berkurang dari yang seharusnya. Imbasnya, mata akan menjadi kering. Usahakan untuk mengedipkan mata setiap 10 sampai 15 detik sekali.

Mengatur pencahayaan monitor dan posisi komputer

Posisi komputer dan pencahayaan monitor ternyata juga sangat berpengaruh terhadap kesehatan mata. Bahkan, posisi dan cahaya yang kurang tepat, tidak hanya bisa membuat mata lelah tetapi juga menyebabkan mata rusak. Untuk itu, penting untuk mengatur jarak jauh mata dengan komputer sekitar 50 – 70 cm. Dan yang juga perlu diperhatikan adalah pencahayaan monitor. Jangan redup tapi juga jangan terlalu terang.

Nah, sahabat Pibi, itulah beberapa cara mudah untuk dilakukan. Kita tidak perlu mengeluarkan tenaga ekstra apalagi biaya. Tunggu apa lagi, silahkan dicoba demi kesehatan mata Anda.

By Hadi Santoso

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close