CarsHow ToMotor

Cara Cepat Hadapi Operasi Zebra

PalingBaru- Di daerahmu lagi gencar-gencarnya Operasi Zebra ? Buat yang gak lengkap surat-suratnya pasti gak tenang nih berkendara. Nah, ada tips nih biar kamu bisa lolos saat ada Operasi Zebra di daerahmu. Simak Yuk…

Pertama, Kamu harus tenang saat menemui operasi zebra, jangan takut apalagi gemetar, atau mencoba berbalik arah, karena ini adalah operasi biasa untuk keamanan kita juga.

Kedua, Pastikan surat-surat kendaraan kamu harus lengkap (SIM-STNK), masih dalam masa berlaku. Jangan sampai lupa untuk membawanya saat berkendara. Kalo perlu taruh dibawah jok motor, kalo yakin selalu aman. Buat yang pengendara mobil SIM nya ya SIM A, bukan SIM C yang ditunjukin saat diperiksa petugas.

Ketiga, Kondisi kendaraan harus standart dan dalam kondisi baik, spion, knalpot, lampu besar, lampu sen, pastikan semua nyala. Khusus lampu besar, jangan lupa dinyalakan meskipun siang hari.

Ke-empat, Pakai helm standart,.. eits,.. jangan lupa, saat pake helm pastikan sampe bunyi klik pada kait penguncinya. Bukan cuma yang nyetir, tapi yang gonceng juga sekalipun itu anak-anak. Ya,.. anak-anak-kan perlu perlindungan juga donk.

Kelima, Berkendaralah dengan mematuhi aturan lalu lintas. Misalnya jangan parkir di tempat atau di sekitar yang ada tanda dilarang parkir atau dilarang berhenti, parkir atau berhentilah di tempat yang sudah disediakan. Lampu lalu lintas wajib dipatuhi.

Biasanya antara kuning ke merah nih yang rawan dilanggar. Kalo ada tulisan ke kiri jalan terus meski lampu merah tetap jalan. Kalo tulisannya ikuti isyarat lampu..ya meski belok kiri berhenti dulu sampe lampu hijau menyala.

Ke-Enam, bagi pengendara roda 4 ya hampir sama, yang penting kelengkapan surat dan standart kendaraan. Gak perlu pake sirine dan teman-temannya ya, kecuali mobilnya itu ambulance. Jangan lupa sabuk pengamannya.

Ke-Tujuh, hindari menggunakan ponsel saat berkendara baik motor maupun mobil. Karena bisa mengganggu konsentrasi dan bisa membahayakan diri sendiri juga orang lain.

Tips ini kalau kamu jalankan dengan baik akan sangat bermanfaat bukan hanya saat ada operasi zebra berlangsung tapi saat sehari-hari berkendara.  Semoga tips dan pengalaman ini bermanfaat.

By Diane Suryaman

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close