HealthHow To

Cara Menyimpan Buah Di Kulkas Agar Tetap Segar

Palingbaru- Menyimpan sayur dan buah di kulkas terkadang menimbulkan bau yang tidak sedap. Selain itu buah atau sayur yang awalnya segar setelah disimpan di kulkas kok malah bau bahkan busuk ketika hendak di konsumsi.

Sahabat Pibi, sayur dan buah memang memiliki batasan kesegaran lho. Walaupun memang dimasukkan di kulkas, ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi buah atau sayur cepat busuk. Diantaranya adalah faktor udara, suhu, hingga kandungan zat di dalam sayur ataupun buah.

Jadi gimana dong cara menyimpan buah atau sayur agar tetap segar hingga di konsumsi?

Tenang, karena kita punya jawabannya. Simak tips-tips berikut ini ya.

  1. Sari Lemon

Ternyata buah lemon bisa menjadi bahan yang ampuh loh untuk menghambat oksidasi buah yang menjadi penyebab daging buah mengalami perubahan warna menjadi kecoklatan.

Contohnya buah apel dan pir yang memiliki kadar air yang tinggi, sehingga sangat mudah berubah warna pada daging buah.

Oleh karena itu, tuangkan sedikit sari lemon diatas buahnya, lalu masukkan ke dalam kulkas. Dan buah potong bisa bertahan hingga 12 jam dan kesegaran yang tetap terasa.

  1. Gunakan Plastik Wrap

Taukah kamu tentang plastik wrap? Yap benar sekali, plastik satu ini biasanya digunakan untuk membungkus sesuatu agar kedap udara. Oleh karena itu, pakailah plastik wrap pada buah-buahan potong sebelum disimpan dalam kulkas. Dijamin buah tersebut terjamin kesegarannya.

  1. Perhatikan Suhu Kulkas

Suhu dalam kulkas sangat penting dalam mempengaruhi kesegaran buah. Suhu penyimpanan buah adalah 3-7 derajat celcius.  Ketika suhu terlalu dingin bisa membuat kulkas bekerja lebih ekstra. Selain itu suhu yang terlalu tinggi membuat buah mengering dengan cepat.

  1. Bekukan Buah Tertentu

Ada beberapa buah yang sangat mudah untuk membusuk. Diantaranya adalah ceri, strawberi, dan anggur. Oleh karena itu, cara untuk menjaga kesegaran buah tersebut adalah dengan menyimpannya dalam freezer. Karena buah beku tidak akan membusuk hingga 4-6 bulan.

 By Nana Riyana

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close