HobbiesI Like It

Cara Merawat Koleksi Buku dan Komik Agar Awet dan Bernilai Jual

Palingbaru – PiBi memiliki hobi membaca? Biasanya hobi satu ini diiringi juga dengan hobi mengkoleksi komik dan buku. Mengkoleksi buku maupun komik bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan. Koleksi buku PiBi bisa menjadi dekorasi kamar yang menarik pula. Tak hanya itu, komik maupun buku juga bisa memiliki nilai jual kembali yang lumayan, lho.

Terutama komik original Amerika untuk PiBi yang memiliki hobi mengkoleksi komik Amerika seperti Marvel Comic hingga DC Comic. PiBi juga bisa menjual buku atau komik manga yang sudah selesai PiBi baca namun cukup rela untuk dijual kembali.

Salah satu faktor yang membuat buku atau komik memiliki nilai jual tinggi adalah kondisi fisik buku. Ada baiknya PiBi memiliki kebiasaan merawat buku dan komik dengan beberapa tips berikut.

cara-merawat-buku.jpg

  1. Menyampul buku dengan plastik.

Lapisi cover buku atau komik dengan sampul plastik. Agar tidak kelupaan, biasakan membeli sampul plastik ketika sedang membeli komik. Kebanyakan buku dan komik jaman sekarang memiliki cover buku berbahan lembut yang rawan kotor hanya dengan sidik jari PiBi. Agar lebih leluasa menghabiskan waktu saat membaca, sampul buku terlebih dahulu dengan plastik. Hindari menyampul dengan men-staples bagian sudut buku yan, PiBi. Menggunakan selotip bening akan menghasilkan sampul yang lebih rapi dan tidak merusak cover.

  1. Gunakan pembatas buku saat membaca.

Rawat dan jaga komik baik-baik, perlakukan juga dengan hati-hati. Biasakan menggunakan pembatas buku dari pada cara membatasi buku seperti melipat pojok buku atau menengkurapkan buku dalam keadaan terbuka. Kebiasaan yang salah akan membuat halaman buku cepat robek atau terputus dari perekatnya.

cara-merawat-komik.jpg

  1. Menyimpan komik dalam plastik dan kardus.

Biasanya cara satu ini dilakukan oleh para kolektor komik Amerika. PiBi tidak perlu menyampul komik denganplastik, namun memasukan komik dalam plastik lalu ditata rapi dalam kardus berdasarkan kategori maupun volume agar lebih muda dicari saat dibutuhkan. Untuk komik-komik langkah Amerika, kondisi fisik yang masih original tanpa sampul plastik maupun selotip akan memiliki harga yang sangat tinggi.

  1. Lengkapi koleksi volume.

Buku maupun komik biasanya memiliki volume dan sekuel yang patut PiBi lengkapi. Buku maupun komik dengan volume lengkap bisa PiBi jual dengan harga yang lebih praktis dan menguntukan bagi kedua belah pihak.

So, biasakan menjaga buku dan menggunakan dengan baik, ya, PiBi! Siapa tahu bisa menghasilkan uang di kemudian hari.

 

by. Bernadetta Yucki

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close