Kloning bukan merupakan hal yang baru di dunia ini. Para ilmuwan dunia sudah melakukan kloning pada hewan sejak berpuluh tahun lalu. Baru-baru ini negara tirai bambu yaitu Cina sukses lakukan kloning pada seekor monyet. Monyet hasil kloning tersebut diberi nama Zhong Zhong dan Hua Hua.

Bagi kamu yang belum tahu tentang kloning, cloning dalam biologi adalah proses menghasilkan individu-individu dari jenis yang sama (populasi) yang identik secara genetik. Hingga saat ini kloning umumnya dilakukan pada hewan, dimana seluruh organisme direproduksi dari sel induknya, sehingga menghasilkan keturunan yang secara genetik identik. Ini berarti Zhong Zhong dan Hua Hua merupakan duplikat sama persis dari induknya, yang berarti juga memiliki DNA yang sama.

Kali ini Cina melakukan kloning pada monyet berekor panjang, dimana monyet ini menjadi primata pertama di dunia yang di kloning dari sel non-embrio. Monyet hasil kloning ini berhasil hidup dan saat ini sudah berusia delapan minggu. Pada dasarnya tujuan utama ilmuwan Cina melakukan kloning adalah sebagai solusi dari beberapa masalah di dunia medis.

Kloning dianggap mampu menghasilkan hewan yang berguna bagi pengobatan, terutama untuk kesehatan manusia. Selain itu, Zhong Zhong dan Hua Hua ini dapat menjadi bahan penelitian sistem kekebalan tubuh manusia, dapat juga untuk mencari ancaman penyakit untuk manusia itu sendiri. Kedepannya bukan tidak mungkin bila kloning hewan ini juga dapat menjadi solusi bagi penyakit kanker, gangguan metabolisme atau kelainan sistem kekebalan tubuh.

Zhong Zhong dan Hua Hua tidak serta merta lahir pada percobaan pertama. Perlu lebih dari 70 kali percobaan untuk dapat menghasilkan embrio yang sempurna seperti milik Zhong Zhong dan Hua Hua. Sejauh ini ilmuwan di dunia tercatat telah berhasil melakukan kloning pada lebih dari 20 spesies binatang, baik mamalia ataupun primata. Nah, fakta tersebut menegaskan bahwa satu-satunya rem bagi riset kloning manusia hanyalah soal etika. Semoga dengan adanya penemuan kloning ini dapat membuat kehidupan manusia yang ada di Bumi menjadi lebih baik ya PiBi.

Apa Tanggapanmu?
  • Fascinated
  • Happy
  • Bored
  • Angry
  • Sad
  • Afraid

Apa Komentarmu ?

komentar