HobbiesI Like It

Coding Mum, Komunitas Perempuan Menekuni Ilmu Coding

Palingbaru- Sahabat Pibi, perempuan melek teknologi sekarang memang gak asing lagi. Tapi bagaimana kalau yang menekuni tidak punya latar belakang teknologi sama sekali, misalnya ibu rumah tangga biasa, nah ini baru luar biasa.

Ada lho, sebuah komunitas yang aktif berkegiatan coding (bahasa pemrograman baik huruf angka dan simbol untuk membentuk program).

Mereka menamakan diri, Coding Mum. Dari namanya saja sudah kelihatan bahwa anggota dari komunitas ini adalah ibu-ibu dan kebanyakan memang masih muda.

Temu Alumni Nasional Coding Mum Indonesia, Foto By Komunitas Coding Mum Indonesia

Lalu, apa saja sih yang dilakukan ibu-ibu di komunitas ini ?

Coding Mum sendiri merupakan program pelatihan untuk para ibu rumah tangga untuk menguasai web designer atau front end programmer.

Secara intensif dalam beberapa kali pertemuan mereka mendapat materi layout wireframing, HTML 5, CSS 3, Javascript, Bootstrap, Jquery, DOM, PHP, dll. Saat batch 1 yang digelar tahun 2016, peserta bisa mengikuti materi secara gratis.

Susah gak sih ? Kalo menurut Heni Prasetyorini, Presiden Komunitas Coding Mum Indonesia, sebenarnya gak susah.

“Asal telaten dan mau mencoba terus. Heni sendiri tidak punya latar bekakang IT dan tertarik mengikuti Coding Mum karena ingin punya blog yang sesuai dengan kemauannya sendiri,” Ungkap Heni.

Heni Prasetyorini, S. Si., M. Pd, Presiden Komunitas Coding Mum Indonesia. Foto By Komunitas Coding Mum Indonesia

Lebih jauh Heni mengungkapkan, dengan adanya Coding Mum yang merupakan program pemberdayaan perempuan pada ranah edukasi digital, peluang ibu bekerja dari rumah semakin besar.

Karena tidak sedikit perempuan yang berpendidikan tinggi memilih untuk tidak bekerja diluar rumah. Menariknya, komunitas Coding Mum menawarkan solusi agar perempuan tetap bisa menghasilkan di bidang dunia kreatif digital.

Para alumni Coding Mum tersebar di berbagai daerah di Indonesia mulai Aceh sampai Jayapura.

Dan sudah menjadi tugas Heni sebagai pucuk pimpinan komunitas binaan Bekraf ini untuk merangkul alumni Coding Mum dan para Coding Mum baru.

Selain itu komunitas juga diharapkan menambah bonding antar perwakilan alumni, menambah beberapa skill dengan workshop sehingga kualitas para alumni terus meningkat.

Coding Mum juga berkembang, menjangkau kalangan yang lebih luas lagi. Ada Coding Mum Disabilitas, untuk perempuan penyandang disabilitas fisik, ada juga Coding Kids yang mengajarkan coding untuk anak-anak.

By Diane Suryaman

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close