News & InformationScience

Critical Eleven : Menit Paling Menegangkan Di Pesawat

PalingBaru- Taukah kamu istilah Critical Eleven ? Pasti sebagian orang tidak asing dengan istilah tersebut, pasalnya beberapa bulan lalu, film Indonesia dengan judul Critical Eleven ramai di perbincangkan publik karena kisahnya yang romantis.

Namun jauh dari kata romantis, Critical Eleven memiliki pengertian yang cukup menegangkan. Istilah Critcal Eleven mengacu pada tiga menit setelah lepas landas dan delapan menit sebelum mendarat. Kedua hal ini merupakan waktu paling berbahaya dalam pernerbangan.

Photo by age barros on Unsplash

Pada waktu singkat tersebut, pilot harus berkomunikasi dengan Air Traffic Controller (ATC) untuk mengendalikan pesawat. Dalam tiga menit pertama, digunakan pencarian posisi stabil dan mengendalikan kecepatan pesawat ketika mulai mengudara. Sedangkan dalam delapan menit terakhir digunakan untuk menurunkan kecepatan serta menyesuaikan landasan.

Dalam masa Critical Eleven para awak kabin menghimbau kepada para penumpang untuk menonaktifkan ponsel, karena dapat menganggu frekuensi radio komunikasi pilot dengan ATC.

Pada kondisi ini, awak kabin akan menghimbau untuk menutup meja, kemudian menegakkan sandaran kursi, membuka penutup jendela ,dan yang terpenting adalah menggunakan sabuk pengaman.

Hal ini bertujuan apabila situasi darurat terjadi, penumpang maupun awak kabin bisa melihat pemandangan di luar, sehingga dapat menginfokan ke bagian kokpit.

Photo by Jon Flobrant on Unsplash

Semua ini dilakukan untuk memudahkan proses evakuasi penumpang ke bagian mana mereka harus menyelamatkan diri apabila terjadi suatu bencana. Apabila terjadi emergency landing, penumpang hanya memiliki waktu 90 detik untuk menyelamatkan diri.

Namun, tidak perlu khawatir dengan penerbangan pesawat, karena Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA) 2016 mengungkap bahwa rata-rata ada satu kecelakaan untuk setiap 2,86 juta penerbangan. Jika dihitung dalam rasio, kematian akibat kecelakaan pesawat terbang 1 banding 1 juta. Sementara kematian akibat kecelakaan mobil 1 banding 5.000. Artinya menggunakan pesawat jauh lebih aman dibandingkan dengan mengemudi.

By Nana Riyana

Sumber: Disarikan dari berbagai sumber

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close